Puluhan Rumah Warga di Buol Sulteng Terendam Banjir

  • 14 Juli 2022 06:43:23
  • Views: 1

JAKARTA - Sebanyak 38 rumah warga di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah terendam banjir pada Selasa (12/7/2022). Peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi hingga meluap ke pemukiman warga.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mendata banjir melanda Desa Bongo dan Desa Bokat 4 yang terletak di Kecamatan Bokat.

Sebanyak 38 KK / 74 jiwa terdampak dengan ketinggian banjir setinggi 100 sentimeter, kondisi banjir kini sudah surut dan para warga membersihkan rumah dari material yang terbawa saat terjadi banjir, Kata Abdul Muhari pada Kamis (14/7/2022).

Merujuk informasi peringatan dini dari BMKG pada hari ini (14/7) untuk wilayah Sulawesi Tenggara berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Dan angin kencang pada malam dan dinihari meliputi Kota Palu, Sigi, Donggala, PArimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan, Ucapnya.

BNPB mengimbau masyarakat dan perangkat daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi serta dapat melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan.

Dengan membersihkan area aliran sungai dari beragam material yang menghambat aliran air, memantau peningkatan debit air ketika hujan berdurasi lama serta mengikuti instruksi otoritas daerah setempat dalam upaya tanggap darurat banjir, tutupnya.


https://news.okezone.com/read/2022/07/14/340/2629219/puluhan-rumah-warga-di-buol-sulteng-terendam-banjir?page=1

Sumber: https://news.okezone.com/read/2022/07/14/340/2629219/puluhan-rumah-warga-di-buol-sulteng-terendam-banjir?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
ministries BMKG, BNPB,
topics Banjir,
places DKI Jakarta, SULAWESI TENGAH, SULAWESI TENGGARA,
cities Morowali, Palu, Poso,