Bus Shalawat yang Bawa Jemaah ke Masjidil Haram Kembali Beroperasi

  • 14 Juli 2022 04:48:35
  • Views: 7

Liputan6.com, Jakarta - Bus shalawat kembali beroperasi, Rabu (13/7/2022). Bus sudah bisa kembali melayani jemaah haji yang ingin ke Masjidil Haram.

Bus beroperasi lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Mulanya, bus akan dioperasikan setelah Zuhur Waktu Arab Saudi (WAS), namun bus shalawat sudah beroperasi sejak Subuh.

Puluhan jemaah pun tampak mengantre menunggu bus shalawat yang akan mengantarkan mereka ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan rangkaian ibadah haji yaitu thawaf ifadoh.

Kami mau tawaf ke Masjidil Haram. Dari kemarin istirahat di hotel, kata seorang jemaah bersama rombongannya.

Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif menjelaskan, bus shalawat kembali beroperasi. Sebelumnya bus ini ditarik untuk transportasi di Arafah Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Namun, jalur Mahbas Jin-Bab Ali yang masih belum beroperasi hari ini. Menurut Khanif, hal tersebut otoritas dari pemerintah Arab Saudi. Rute Mahbas Jin-Bab Ali merupakan sektor 1 yang melayani jamaah haji dari embarkasi Surabaya (SUB) dan Lombok (LOP). Diharapkan, bus shalawat di rute ini segera bisa dioperasikan.

Kita menunggu dari pemerintah Arab Saudi kapan dimulainya. Kita berharap Rabu juga tapi mereka punya perhitungan tersendiri, kapan bisa dimulai memungkinkan itu dimulai apa masih menunggu lagi karena itu jalur kan jalur padat, jalur internasional, kata Khanif.

Sementara itu, untuk memudahkan jemaah mengenali, setiap bus dipasang stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda. Stiker itu berisi informasi rute, nomor rute, dan warna rute.

Stiker rute Mahbas Jin - Bab Ali berwarna putih dengan nomor 1. Rute Syisyah - Syieb Amir warna biru dengan nomor 2. Rute Raudhah - Syieb Amir stiker warna hijau dengan nomor 3. Rute Jarwal - Syieb Amir warna hitam dengan nomor 4. Dan, rute Misfalah - Jiad, stiker warna cokelat dengan nomor 5.

Jemaah haji Indonesia tahun ini bisa memanfaatkan layanan bus shalawat di Makkah. Ada sejumlah rute dari Masjidil Haram yang dilalui bus ini.


https://www.liputan6.com/news/read/5013347/bus-shalawat-yang-bawa-jemaah-ke-masjidil-haram-kembali-beroperasi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5013347/bus-shalawat-yang-bawa-jemaah-ke-masjidil-haram-kembali-beroperasi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muzdalifah,
companies ADA,
topics haji,
events Ibadah Haji,
fasums Masjidil Haram,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Lombok, Surabaya,