Jokowi ke Pelaku UMKM: Digitalisasi Usaha Wajib, Segera Masuk ke Platform Online

  • 14 Juli 2022 02:48:46
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produknya dengan memanfaatkan platform daring atau online. Dia menilai hal tersebut dapat mendongkrak omzet penjualan pelaku UMKM.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam cara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan Tahun 2022 di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus Jakarta, Rabu, (13/7/2022).

Jadi yang namanya digitalisasi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah itu sekarang ini wajib. Jadi Bapak, Ibu, yang belum masuk marketingnya ke dunia online, segera masuk ke aplikasi, apapun platformnya, jelas Jokowi dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan ini, Jokowi berdialog dengan salah satu pelaku UMKM bernama Wageningtyas. Dia merupakan seorang ibu yang sehari-hari berjualan roti bakar Bandung.

Kepada Jokowi, Wageningtyas bercerita bahwa omzet dagangannya saat ini sudah mencapai Rp1 juta per hari. Dia mengungkapkan tingginya omzet penjualannya dikarenakan memanfaatkan berbagai aplikasi daring, terutama di masa pandemi Covid-19.

Omzet sekarang sudah mencapai 1 juta per hari. Berkat online Pak, jadi selama pandemi kami usaha ini terbantu dengan aplikasi online, ujar Wage.

Ibu jualan online lewat apa? tanya Jokowi Presiden Jokowi menanggapi.

Ada Gojek, ada Grab, Traveloka Eats, ada Shopee, satu lagi Asia Food Pak, tapi belum beredar, jawab Wage.

Jokowi pun meminta para pelaku UMKM untuk mengikuti cara yang telah dilakukan oleh Wage agar kesempatan untuk memasarkan produknya menjadi terbuka lebar.

Presiden Jokowi mengaku tak masalah namanya dicatut oleh Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk urusan investasi. Bahkan, Jokowi justru meminta agar Bahlil melayani para investor.


https://www.liputan6.com/news/read/5013356/jokowi-ke-pelaku-umkm-digitalisasi-usaha-wajib-segera-masuk-ke-platform-online

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5013356/jokowi-ke-pelaku-umkm-digitalisasi-usaha-wajib-segera-masuk-ke-platform-online
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bahlil Lahadalia, joko widodo,
companies ADA, Gojek, Grab, Shopee, YouTube,
ministries Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), BKPM, Kopassus,
products UMKM,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung,
cases covid-19,