Kisah Petani Bonsai, Bisa Sekolahkan Anaknya hingga Perguruan Tinggi karena Budidaya Tanaman Kerdil

  • 14 Juli 2022 00:34:13
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Satu per satu bonsai dari berbagai wilayah di Indonesia berdatangan ­untuk mengikuti kontes dan pameran nasional Bonsai Buitenzorg Festival di Alun-alun Kota Bogor yang diadakan Perkum­pulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Bogor.

Pada kontes dan pameran nasional tahun 2022 ini, Kota Bogor menjadi tuan rumah. Sejak Senin 11 Juli 2022, bonsai yang akan diikutsertakan sudah memadati kelas-kelas kontes yang disediakan panitia.

Ketua Panitia Buitenzorg Bonsai Festival Abdul Halim mengatakan, pameran bonsai terakhir dilaksanakan 13 tahun lalu.

Update data terakhir sudah ada 228 bonsai yang masuk. Yang terjauh dari Kalimantan Selatan, katanya kepada kontributor PR Lingga Arvian Nugroho, Selasa 12 Juli 2022.

Baca Juga: Belasan Kambing di Indramayu Mati Diserang Anjing Liar, Alami Luka di Kaki dan Perut

Tahapan kontes bonsai ini akan berlangsung hingga tanggal 16 Juli 2022.

Kami perkirakan jumlah yang mengikuti kontes ini bisa tembus 1.000 pohon, karena yang sudah terkonfirmasi hadir dan saat ini masih dalam perjalanan, ujarnya.

Dalam sesi kontes ini, area pameran masih belum dibuka untuk umum. Hal itu untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan yang akan berisiko terhadap kondisi bonsai. Pameran bonsai untuk umum akan dibuka pada 17-23 Juli 2022.

Untuk kontes, kata Halim, ada beberapa kategori atau kelas kontes mulai dari kelas prospek, kelas pratama, kemudian kelas madya, kelas utama hingga kelas bintang.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014998490/kisah-petani-bonsai-bisa-sekolahkan-anaknya-hingga-perguruan-tinggi-karena-budidaya-tanaman-kerdil

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014998490/kisah-petani-bonsai-bisa-sekolahkan-anaknya-hingga-perguruan-tinggi-karena-budidaya-tanaman-kerdil
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN, KEPULAUAN RIAU,
cities Bogor, Indramayu,
animals Anjing, Kambing,