KKP Boyong 67 UMKM Terbaik ke Puncak Gernas BBI Kalsel

  • 13 Juli 2022 22:58:38
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memboyong 67 UMKM terbaik untuk unjuk gigi memamerkan produknya pada puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 22 Juli mendatang.

Seluruh pelaku UMKM telah dibekali sejumlah pelatihan di antaranya literasi finansial hingga digital branding untuk meningkatkan penjualan produk secara offline maupun online. 

Alhamdulillah setelah beberapa rangkaian pendataan, pendampingan dan pelatihan berhasil kami saring dari 1178 UMKM yang mendaftar menjadi 67 UMKM terpilih untuk puncak BBI 2022, jelas Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti melalui siaran pers, Rabu (13/7/2022). 

Untuk Gernas BBI di Kalimantan Selatan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan bertindak sebagai campaign manager meneruskan amanat dari Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua Tim Gernas BBI yang dibentuk Presiden RI pada 8 September 2021 lalu.  

Mengusung tema Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan, KKP menggandeng pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, Bank Indonesia serta sejumlah pihak guna memeriahkan Gernas BBI kali ini.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kegiatan ini KKP mengajak UMKM pangan dan non-pangan sekaligus non kelautan dan perikanan.  Artati memaparkan di puncak acara nanti, akan diumumkan 5 terbaik dari yang paling baik yang berkonsep keberlanjutan, gender, ekonomi biru hingga zero waste.

 Nanti akan diumumkan 5 terbaik, termasuk yang memiliki transaksi terbanyak setelah menerapkan materi pelatihan, ujar Artati. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor 8,9 ribu ton hasil perikanan senilai Rp 588 miliar ke sejumlah negara. Pelepasan ekspor tersebut dilakukan serentak di lima kota dengan melibatkan 147 perusahaan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5013370/kkp-boyong-67-umkm-terbaik-ke-puncak-gernas-bbi-kalsel

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5013370/kkp-boyong-67-umkm-terbaik-ke-puncak-gernas-bbi-kalsel
Tokoh





Graph

Extracted

persons Artati Widiarti, Luhut Binsar Panjaitan,
companies WhatsApp,
ministries BI, kementerian kkp,
topics ekspor,
products UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjarmasin,