Curhat Pedagang Minyak Goreng di Pasar Tradisional Majalengka: Biasanya Kami...

  • 13 Juli 2022 18:34:28
  • Views: 9

PIKIRAN RAKYAT - Minyak goreng kemasan murah Minyakita yang di­luncurkan Kementerian Per­dagangan (Kemendag) ter­nyata belum tersedia di Ka­bupaten Majalengka, baik di swalayan ataupun di pasar tradisional. Padahal, minyak ini telah diluncurkan Men­teri Perdagangan Zulkif­li Hasan, beberapa hari lalu.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional Sindang­kasih, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Se­nin 11 Juli 2022 di hampir semua kios penjual minyak goreng, tidak ditemukan minyak goreng curah kemasan yang dibanderol Rp14.000.

Minyak kemasan yang tersedia di pedagang hanya minyak kemasan produk-produk pabrikan terkenal dengan harga lebih dari Rp14.000 per kilogram atau hampir sama dengan harga minyak goreng kemasan terkenal.

Harga penjualan sebesar itu pun tidak perlu menggunakan aplikasi atau menunjukkan KTP. Semua konsu­men dari berbagai ka­langan bebas membeli mi­nyak kemasan seharga Rp14.000 di kios grosir dan Rp15.000 di kios biasa.

Baca Juga: BI akan Terbitkan Rupiah Digital, Uang Tunai Terancam Dihapuskan?

Salah seorang pedagang minyak goreng curah, Didi (56) mengungkapkan, di kiosnya hingga saat ini be­lum ada kiriman minyak go­reng curah model kemasan murah atau Minyakita.

Minyak goreng yang tersedia di kiosnya hanya minyak kemasan ternama serta minyak curah yang dijual li­teran atau telah dikemas dengan plastik biasa de­ngan ukuran 1/4 kilogram, 0,5 kilogram, dan 1 kilogram.

Belum ada minyak go­reng curah seperti yang di­luncurkan pemerintah. Kami belum mendapat kirim­an. Biasanya kami hanya menunggu kiriman dari distributor atau kami pesan kepada distributor kala minyak habis, katanya, seperti dilaporkan kontributor PR Tati Purnawati, Senin 11 Juli 2022.

Akan tetapi, menurut dia, minyak goreng curah yang dijual pun kini seharga Rp14.000 per kilogram sehingga harga minyak kemasan curah ataupun minyak curah yang mendadak dikemas harganya sama.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014995594/curhat-pedagang-minyak-goreng-di-pasar-tradisional-majalengka-biasanya-kami

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014995594/curhat-pedagang-minyak-goreng-di-pasar-tradisional-majalengka-biasanya-kami
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BI, Kemendag,
products KTP, minyak curah,
places JAWA BARAT, rupiah,