Kaspersky Ajak Anak Muda Waspadai Tren TikTok yang Mirip Penipuan Online

  • 13 Juli 2022 17:10:40
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, di TikTok ramai lelucon di mana seseorang menelepon teman menggunakan suara mesin penjawab otomatis dan menipu, dan sejumlah dana besar akan ditarik dari rekening korban.

Hal ini ditanggapi pakar Kaspersky. Menurut peneliti keamanan Kaspersky, tren ini merupakan skema penipuan nyata bernama vishing. Vishing kerap dipakai oleh pelaku kejahatan siber.

Para peneliti di Kaspersky mendeteksi, peningkatan email vishing di Juni sebanyak 100.000 email. Sementara dari Maret-Juni 2022, tim Kaspersky mengumpulkan 350.000 email vishing.

Mengutip keterangan resmi Kaspersky, Rabu (13/7/2022), vishing adalah voice phishing. Modus ini merujuk pada taktik penipuan dengan cara meyakinkan seseorang untuk menelepon penipu online dan membagikan informasi pribadi. Salah satunya adalah data bank melalui telepon.

Seperti phishing lainnya, penipuan ini dimulai dari masuknya email yang seolah berasal dari toko online besar atau sistem pembayaran.

Email tersebut misalnya berisi surat palsu dari PayPal mengenai permintaan penarikan uang dalam jumlah besar dari akun korban.

Namun, perlu dicermati. Ada dua perbedaan dari teknis kedua penipuan. Di mana, email phishing biasanya meminta korban mengklik tautan tertentu untuk membatalkan pembelian.

Sementara email vishing meminta korban segera menelepon CS yang tertera di email.

Pakar keamanan menekankan, metode ini dipilih penipu online, karena ketika korban melihat situs phishing, mereka punya waktu sebelum memutuskan tindakan atau mengenali bahwa situs bukanlah situs resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kaesang Pangarep unggah percakapan dengan akun online shop yang kerap melakukan penipuan. Pelaku memblokir kontak Kaesang saat mengetahui identitasnya.


https://www.liputan6.com/tekno/read/5011793/kaspersky-ajak-anak-muda-waspadai-tren-tiktok-yang-mirip-penipuan-online

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5011793/kaspersky-ajak-anak-muda-waspadai-tren-tiktok-yang-mirip-penipuan-online
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kaesang Pangarep,
companies ADA, Dana, Kaspersky, PayPal, TikTok, WhatsApp,
places DKI Jakarta,
cases kejahatan siber,