Wagub DKI Bilang Sistem PPDB Tingkatkan Kualitas Siswa dan Sekolah

  • 13 Juli 2022 08:48:16
  • Views: 3

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza mengklaim, pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahunnya membuat kualitas siswa maupun sekolah meningkat. Meskipun, beberapa aturan seperti zonasi kerap dikeluhkan oleh masyarakat.

Ariza mengakui, pemberlakuan PPDB kerap menjadi polemik tiap tahunnya. Padahal, kata Ariza, justru dengan adanya sistem zonasi tersebut, membuat sekolah Negeri yang ada di Jakarta semakin berkualitas.

Berdasarkan evaluasi kami 3 tahun terakhir ini, justru meningkatkan kualitas si siswa dan kualitas sekolah itu sendiri. jadi itu saya kira kebijakan sesungguhnya yang baik, ujar Ariza di DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Ariza menambahkan, terkait meningkatnya kualitas sekolah, Ia mengungkap, hal itu usai Pemprov beserta jajaran terkait, memberikan solusi dengan mengatur kriteria PPDB yaitu melalui jalur presentasi, jalur zonasi, hingga jalur prestasi non akademik.

Untuk itu kami mengatur terkait PPDB dengan beberapa kriterianya di antaranya ada presentasi terkait diterimanya PPDB berdasarkan prestasi, berdasarkan zona atau lingkungan terdekat, juga berdasarkan prestasi non akademik, tambah Ariza.

Lebih lanjut, Ariza menuturkan, meski tercatat mengalami kenaikan dalam kualitas, pihaknya tetap akan menerima keluhan dari masyarakat. Terlebih, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan terus melakukan upaya evaluasi.

Namun demikian kalo masih ada yang belum puas atau kecewa, kita sendiri akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dan evaluasi, ungkapnya.

Sebelumnya, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Ima Mahdiah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk mematangkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal ini bertujuan untuk tidak ada kebijakan yang berubah-ubah terkait mekanisme PPDB setiap tahun.

Dorongan kita DPRD kepada Disdik sebelom nanti buka PPDB lagi kedepan memang harus dimatangkan terlebih dahulu, kata Ima kepada awak media di Ruang Rapat Komisi E, Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin 11 Juli 2022.


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/07/13/338/2628528/wagub-dki-bilang-sistem-ppdb-tingkatkan-kualitas-siswa-dan-sekolah?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/07/13/338/2628528/wagub-dki-bilang-sistem-ppdb-tingkatkan-kualitas-siswa-dan-sekolah?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons A Riza Patria,
companies ADA,
ministries DPRD,
topics PPDB,
places DKI Jakarta,