Pak Zul, Migor Licin, Awas Kepleset Lho!

  • 13 Juli 2022 08:03:16
  • Views: 6

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum genap satu bulan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan sudah kena tegur Presiden Jokowi. Zul diminta fokus kerja dan rutin memantau harga minyak goreng (migor) di pasar. Karena urusan migor ini licin, Pak Zul hati-hati ya!

Teguran Jokowi ini keluar setelah muncul aksi Zul bagikan migor gratis di Lampung, Sabtu (9/7) diselipi dengan ajakan untuk memilih anaknya. Aksi Zul itu viral dan mendapat banyak kritikan.

Usai dilantik sebagai Mendag, Rabu (15/6) di Istana Negara, salah satu tugas yang diberikan Jokowi kepada Zul adalah menyelesaikan kisruh soal migor. Zul diberi waktu 1 bulan untuk menurunkan harga migor hingga ke angka Rp 14 ribu per liternya. Zul menyanggupi dan langsung membuat sejumlah gebrakan.

Berita Terkait : Jokowi Minta Perang Ukraina Segera Dihentikan, Jangan Lagi Ada Kota Yang Hancur

Di awal-awal kinerjanya, eks Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN itu, memilih blusukan ke sejumlah pasar tradisional untuk mengecek harga migor dan sejumlah kebutuhan pokok. Aksi blusukan Mendag baru itu, cukup efektif. Tak lama setelah itu, harga migor di pasar tradisional, khususnya di Pulau Jawa mulai menurun. migor kemasan di sejumlah tokoh ritel juga mulai turun.

Tak berhenti di situ, Zul tiba-tiba mengeluarkan produk Minyakita, sebagai solusi untuk menekan harga migor curah sekaligus bersaing dengan migor curah yang dijual di toko-toko ritel modern. Minyakita ini merupakan migor curah yang dijual dalam bentuk kemasan. Harga yang dipatok untuk 1 liter Minyakita tidak lebih dari Rp 14 ribu, sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi).

Namun, Minyakita inilah yang kemudian membuat Zul menjadi sorotan hingga akhirnya dapat teguran dari Jokowi. Tepatnya, saat Zul menghadiri acara pasar murah yang digelar PAN di Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (9/7). Selain Zul, acara itu juga dihadiri anak perempuannya, Futri Zulya Savitri yang merupakan pengurus DPP PAN sekaligus bakal caleg PAN Dapil Lampung I.

Berita Terkait : 5 Faktor Ini Bisa Turunkan Harga Minyak Dunia, Meski Konflik Ukraina Awet

Dalam acara bertajuk PANsar Murah itu, Zul didampingi Futri membagikan Minyakita gratis kepada ibu-ibu. Zul berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag. Ibu-ibu yang ditanya Zul menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. Zul kemudian meminta ibu-ibu menyimpan saja uang Rp 10 ribu itu, karena 2 liter Minyakita bakal dibayar Futri.

Sepuluh ribu dapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh, Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah, ujar Zul.

Selanjutnya, Zul meminta ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis memilih Futri. Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, entar 2 bulan ada deh ginian, imbuh Zul dijawab 'oke' oleh ibu-ibu yang hadir.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/132209/jokowi-minta-mendag-pantau-harga-di-pasar-pak-zul-migor-licin-awas-kepleset-lho
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/132209/jokowi-minta-mendag-pantau-harga-di-pasar-pak-zul-migor-licin-awas-kepleset-lho
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Zulkifli Hasan,
companies ADA,
ministries Kemendag, MPR RI,
parties PAN,
topics Harga minyak dunia,
fasums Istana Negara,
nations Ukraina,
places LAMPUNG,
cities Bandar Lampung,