Survei Parameter Politik Indonesia: Ganjar Pranowo Raih Elektabilitas Tertinggi, Kalahkan Prabowo dan Anies

  • 12 Juli 2022 20:50:04
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Survei elektabilitas nasional calon presiden (Capres) 2024 Parameter Politik Indonesia, menyebutkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo adalah calon dengan elektabilitas tertinggi.

Ganjar mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan pilihan top of mind, Ganjar unggul dengan 25,4 persen. Di belakang Ganjar ada Prabowo Subianto dengan 19,0 persen. Sedangkan Anies Baswedan dengan 17,8 persen.

“Ganjar Pranowo sementara ini mendapat dukungan tertinggi pada skenario elektabilitas terbuka, elektabilitas 14 nama, 10 nama, 7 nama, 5 nama dan 3 nama, kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam paparan surveinya secara daring, Selasa (12/7/2022).

Adi menyebut selisih antara Ganjar dengan Prabowo cukup jauh yakni mencapai lima persen.

“Artinya selisihnya cukup jauh yaitu 5 persen lebih, sambung Adi.

Sementara itu, pada simulasi tiga nama elektabilitas calon presiden tertutup, Ganjar memperoleh 32,2 persen dukungan. Disusul Prabowo dengan raihan 26,4 persen dan Anies di posisi terbawah dengan 22,3 persen.

Adi mengungkapkan, Ganjar berada di puncak pada semua simulasi Elektabilitas Capres pada 14 nama hingga 3 nama.

Para responden ditanya jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, dan Presiden Jokowi tidak boleh ikut mencalonkan diri kembali. Siapakah tokoh nasional yang akan anda pilih menjadi Presiden Republik Indonesia yaitu Ganjar Pranowo, imbuhnya.

Pilpres masih 2 tahun lagi, namun sejumlah tokoh sudah aktif berkampanye terutama melalui media sosial. Anies Baswedan ungguli Prabowo dan Ganjar Pranowo, sementara Erick Thohir dominasi perbincangan di medsos.


https://www.liputan6.com/news/read/5012039/survei-parameter-politik-indonesia-ganjar-pranowo-raih-elektabilitas-tertinggi-kalahkan-prabowo-dan-anies

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5012039/survei-parameter-politik-indonesia-ganjar-pranowo-raih-elektabilitas-tertinggi-kalahkan-prabowo-dan-anies
Tokoh













Graph