Simak 7 Kemeriahan HUT Kota Mojokerto ke-104

  • 12 Juli 2022 20:49:21
  • Views: 1

Kota Mojokerto menjadi tuan rumah penutupan event nasional Muhibah Jalur Rempah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tepatnya 2-3 Juli 2022.

Event wisata melalui ekspedisi KRI Dewa Ruci tersebut dimulai dari tanggal 1 Juni sampai 2 Juli 2022 ini melintasi enam titik jalur rempah. Mulai dari Surabaya, Makassar, Bau Bau-Buton, Ternate-Tidore, Banda, dan Kupang.

Sejak zaman Majapahit, era kolonial, hingga kemerdekaan dan reformasi saat ini, rempah masih menjadi komoditi perdagangan lintas global. Rempah menghubungkan garis-garis kekayaan Indonesia di masa lampau, yang mencakup berbagai lintasan jalur budaya sehingga melahirkan peradaban global dan menghidupkan kembali peran masyarakat Nusantara.

“Muhibah Budaya Jalur Rempah ini diselenggarakan sebagai upaya diplomasi budaya dan menguatkan posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia serta keinginan untuk melihat jalur rempah dari ‘geladak kapal kita sendiri’. Kota Mojokerto sebagai titik akhir dari Muhibah Budaya Jalur Rempah ini, dapat mengangkat kembali nilai-nilai budaya yang terdapat dalam rempah, kata Ning Ita.

Itu tadi 7 kemeriahan hari jadi Kota Mojokerto ke-104 yang telah terselenggara. Dengan kegiatan yang digelar penuh semarak, Mojokerto berhasil memberikan kebahagiaan untuk seluruh masyarakatnya, guna membangun sinergi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

 

(*)

 


https://www.liputan6.com/news/read/5012194/simak-7-kemeriahan-hut-kota-mojokerto-ke-104

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5012194/simak-7-kemeriahan-hut-kota-mojokerto-ke-104
Tokoh

Graph