Perekonomian Jabar Diprediksi Melambat, Dipengaruhi Tekanan Inflasi Global

  • 12 Juli 2022 18:34:22
  • Views: 14

PIKIRAN RAKYAT - Imbas kondisi global, proyeksi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada 2022 mengalami koreksi 0,3 persen diban­dingkan proyeksi sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Jabar pada tahun ini diperkirakan ada di kisaran 4,6 persen-5,4 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, ­He­rawanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jabar pada triwulan I-2022 masih tetap tinggi, yaitu mencapai 5,61 persen.

Pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabar bersama daerah lainnya di Pulau Jawa, berkontribusi 58 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun demikian, berbagai perkembangan terkini dari perekonomian global memunculkan tantangan yang tidak ringan. Eskalasi tensi geopolitik, tekanan inflasi global yang masuk ke Indonesia, akan memengaruhi laju pemu­lihan ekonomi di Jabar, katanya saat media update, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Penjualan Daging Sapi Usai Idul Adha 2022 Turun, Ternyata Bukan karena Kurban

Ia menjelaskan, tantangan yang muncul akan menyebabkan kenaikan biaya produksi. Bagi sektor riil, kenaik­an biaya produksi akan meningkatkan ongkos produksi yang selanjutnya akan menyebabkan kenaikan harga di tingkat konsumen.

Tak hanya itu, ketika kondisi perekonomian, tidak secerah sebelumnya, maka perusahaan yang sebelumnya berencana akan melakukan ekspansi, akan berpikir ulang.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap gaji, fasilitas yang diterima karyawan, serta penyerapan tenaga kerja baru.

Daya beli masyarakat dalam potensi tertekan ke bawah. Pertumbuhan ekonomi Jabar sedikit disesuaikan lebih rendah 0,3 persen dari proyeksi sebelumnya, katanya.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014986423/perekonomian-jabar-diprediksi-melambat-dipengaruhi-tekanan-inflasi-global

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014986423/perekonomian-jabar-diprediksi-melambat-dipengaruhi-tekanan-inflasi-global
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
animals Sapi,