Pemerintah Diminta Permudah Akses Barang Produksi Lokal Capai Wilayah Perbatasan

  • 12 Juli 2022 16:58:44
  • Views: 10

 

Untuk nominal belanja, sesuai dengan arahan Forkopimda Kabupaten Sambas besarannya maksimal di angka 750 ribu ringgit.

Kalau diatas itu masuk dalam sekala perdagangan besar, katanya.

Banyak keluhan yang disampaikan masyarakat perbatasan. “Ini keluhan masyarakat, karena alasan leluhur kami kan leluhur mereka juga, kami sebenarnya satu tempat, sering berkunjung dan segala macam, buatkan sejenis surat Kartu merah (passport merah) yang dikeluarkan oleh imigrasi yang digunakan untuk berkunjung mereka, katanya.

Ia mengatakan sebenarnya jika Pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah-lagkah diplomasi dagang dengan Malaysia, maka akan ada banyak kemudahan bagi pedagang perbatasan untuk menghasilkan income bagi daerah dan Pemerintah.

Maunya kami ship to ship, car to car, mereka juga begitu, tapi sampai saat ini belum bisa dilakukan, katanya.

Selama ini, perdagangan di perbatasan masih kecil volumenya. “Mayoritas dipenuhi oleh kooditas hasil kebun dan pertanian, buah-buahan, katanya.

“Saya minta supaya perlintasan dan perdagangan perbatasan ini dibuka, agar ada pemasukan dari sana, seharusya border ini dibuka untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi. Pendapatan ini belum masuk ke Negara. Ayo sama-sama kita turun saya ketua asosiasi pengusaha pedagang perbatasan kami punya banyak jaringan dan berkolaborasi dengan aosiasi untuk membuat perusahaan ekspor impor yang siap untuk bergerak dan agar ada pemasukan buat pemerintah kita. Dan ini yang sebenarnya kami tengah lakukan, katanya.

Ia ingin ada sinergi dan kolaborasi yang efektif antara pengusaha pedagang perbatasan dengan Pemerintah Propisi dan daerah.

Kita inginnya jalankan segala sesuatu sesuai dengan peraturan yang ada, bersinergilah kita antara kami dengan pemerintah kabupaten kota dan propinsi atau pusat. Permudah juga pelaksanaan kita di lapangan, dan lengkapi juga sarana dan prasarana di perbatasan, terutama Sumber daya manusianya, berdayakan segera untuk kantor karantina untuk petugasnya kekurangannya, dan percepatnya perizinan protect kita agar kalau kita kirim barang ke Malaysia tanpa harus membongkar barang kita, katanya.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5012001/pemerintah-diminta-permudah-akses-barang-produksi-lokal-capai-wilayah-perbatasan

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5012001/pemerintah-diminta-permudah-akses-barang-produksi-lokal-capai-wilayah-perbatasan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
organizations forkopimda,
topics ekspor,
products ringgit,
nations Indonesia, Malaysia,
places KALIMANTAN BARAT,
cities Sambas,