Ramai Kasus Pungli dan Maladministrasi, Ombudsman Jabar Terima Aduan Soal PPDB

  • 12 Juli 2022 16:34:15
  • Views: 1

PIKIRAN RAKYAT - Ombudsman Jawa Barat membuka pengaduan khusus bagi masyarakat yang menjadi korban pungli atau maladministrasi pada saat daftar ulang Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Ombudsman juga meminta Dinas Pendidikan Jawa Barat dan lembaga pengawas memperhatikan kondisi pascapengumuman PPDB tahap 2 agar kejadian dugaan pungli pada PPDB tahap 1 tidak terjadi lagi.

Kepala Ombudsman RI Wilayah Jawa Barat, Dan Satriana, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mengawasi pelaksanaan PPDB.

Bila menemukan dugaan maladministrasi dan pungli, jangan ragu untuk melaporkan kepada Ombudsman Jawa Barat melalui nomor WhatsApp 0811-986-3737. Layanan ini bersifat gratis dan identitas pelapor akan dirahasiakan.

Baca Juga: Ada Oknum Minta Jalur Cepat PPDB, Anggota Dewan: Kami Sendiri Melanggar

Selain mencegah pungli, Ombudsman Jawa Barat juga menerima aduan dugaan adanya pemindahan pendaftar ke dalam kartu keluarga di sekitar lokasi sekolah semata-mata untuk meloloskan pendaftar agar bisa diterima melalui jalur zonasi.

Menurut Dan, hal itu menjadi laporan dan dugaan yang berulang sehingga penyelesaiannya tidak dapat dilakukan untuk satu per satu pengaduan.

Terhadap permasalahan yang berulang seperti ini, perhatian perlu diberikan kepada perbaikan sistem yang lebih luas, yaitu perbaikan peraturan dan pemerataan akses maupun kualitas pelayanan pendidikan.

Sudah saatnya kita memperbaiki tata kelola atau aturan yang memberikan peluang permasalahan itu muncul, antara lain Peraturan Gubernur Jawa Barat yang memperbolehkan domisili dibuktikan berdasarkan dokumen atau keterangan yang menerangkan bahwa peserta didik telah berdomisili paling singkat satu tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB, kata Dan pada Selasa, 12 Juli 2022.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014986171/ramai-kasus-pungli-dan-maladministrasi-ombudsman-jabar-terima-aduan-soal-ppdb

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014986171/ramai-kasus-pungli-dan-maladministrasi-ombudsman-jabar-terima-aduan-soal-ppdb
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
ministries Ombudsman,
topics PPDB,
places JAWA BARAT,