1 Muharram 2022 Tanggal Berapa? Ini Daftar Hari Libur Tanggal Merah

  • 12 Juli 2022 14:47:27
  • Views: 6

Suara.com - Setelah melalui bulan Dzulhijjah atau hari raya Idul Adha yang dikenal juga dengan hari raya kurban, umat Islam akan menyambut bulan Muharram. Bulan Muharram dalam tradisi Islam dikenal sebagai bulan suci umat Islam selain bulan Dzulhijjah, Dzul Qaidah, dan Ramadhan.  Sekarang mungkin Anda penasaran 1 Muharram 2022 tanggal berapa? 

Dikutip dari Calendardate.com, 1 Muharram untuk tahun 2022 dimulai pada malam hari Jumat, 29 Juli dan bulan Muharram akan berakhir saat matahari terbenam pada hari Minggu, 28 Agustus 2022. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam.

Hari pertama Muharram dianggap oleh banyak umat Islam sebagai awal tahun baru bagi Islam. Tanggal 1 Muharram tidak masuk ke dalam daftar  hari libur nasional sehingga kantor pemerintah dan bisnis akan tetap buka seperti biasanya. Pada hari ke-10 bulan Muharram, umat Islam akan merayakan Asyura dengan cara berpuasa bagi yang dapat melaksanakannya. 

Berpuasa selama Muharram

Baca Juga: 9 Amalan 1 Muharram yang Akan Datangkan Pahala Berkali Lipat

Setelah penjelasan 1 Muharram 2022 tanggal berapa, tentunya penting untuk memahami hari ke 10 pada bulan Muharram. Sebelumnya masyarakat Quraish wajib berpuasa pada tanggal 10 Muharram.

Namun, kemudian dalam tradisi Islam, setelah Nabi Muhammad SAW hadir, puasa diwajibkan hanya pada bulan Ramadhan, dan puasa pada tanggal 10 Muharram menjadi puasa sunnah yang disebut dengan puasa Asyura, sebagaimana diriwayatkan dalah hadist sahih Bukhari, bahwa Nabi S.A.W. berkata: Barangsiapa yang ingin berpuasa (pada hari 'Asyura') boleh melakukannya; dan siapa pun yang ingin meninggalkannya dapat melakukannya.

Setiap puasa selama bulan ini memiliki kelebihannya sendiri. Oleh karena itu, seseorang harus memanfaatkan kesempatan ini dan berpuasa sebanyak yang dia bisa selama bulan yang diberkati ini.

10 Muharram (Asyura)

Asyura adalah hari ke-10 Muharram dan merupakan hari paling suci di antara semua hari-hari pada bulan Muharram.Ketika Nabi S.A.W datang ke Madinah, ia berpuasa pada hari Asyura dan mengarahkan umat Islam untuk tetap berpuasa pada hari tersebut.

Baca Juga: Doa Awal dan Akhir Tahun yang Diamalkan Ketika Pergantian Tahun Baru Islam 2022

Menurut banyak Hadits otentik, puasa pada hari Asyura adalah Sunnah nabi karena dicontohkan oleh Nabi secara langsung.


https://www.suara.com/news/2022/07/12/143442/1-muharram-2022-tanggal-berapa-ini-daftar-hari-libur-tanggal-merah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/12/143442/1-muharram-2022-tanggal-berapa-ini-daftar-hari-libur-tanggal-merah
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Muharram,
religions Islam,
events Idul Adha 1441 Hijriah, Ramadhan,
cities Madinah,