Cari Pimpinan KPK Pengganti Lili Pintauli, Jokowi: Secepatnya Diajukan ke DPR

  • 12 Juli 2022 13:47:17
  • Views: 6

SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mau mengungkapkan siapa sosok pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jokowi menyebut bahwa saat ini sosok pengganti Lili tengah dalam proses pembahasan. 

Masih dalam proses untuk pengganti dari Bu Lili Pintauli masih dalam proses. karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tandatangani dan ini masih dalam proses untuk penggantiannya, ujar Jokowi di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi), Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Jokowi pun berjanji jika proses tersebut telah selesai, dirinya akan langsung menyerahkan nama calon pengganti Lili ke DPR.

 Baca juga: Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Pemberhentian Lili Siregar Sebagai Pimpinan KPK

Kami akan segera mengajukan (penggantinya) ke DPR. Secepatnya, ungkapnya.

Diketahui, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan untuk menghentikan laporan dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (LPS). Sebab, kata Dewas, Lili Pintauli sudah resmi mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK.

Menyatakan gugur sidang etik dugaan pelanggaran kode etik atas nama LPS dan menghentikan penyelenggaraan sidang etik, kata Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean saat menggelar sidang etik di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022). 

Lili Pintauli Siregar resmi mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK. Surat pengunduran diri Lili bahkan sudah diteken atau ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dewas KPK telah menerima surat Keputusan Presiden (Keppres) tekait pemberhentian Lili sebagai pimpinan KPK.

Maka terperiksa (Lili) tidak lagi berstatus sebagai insan komisi, terangnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/12/337/2628018/cari-pimpinan-kpk-pengganti-lili-pintauli-jokowi-secepatnya-diajukan-ke-dpr?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/12/337/2628018/cari-pimpinan-kpk-pengganti-lili-pintauli-jokowi-secepatnya-diajukan-ke-dpr?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Lili Pintauli Siregar,
ministries Dewas KPK, DPR RI, KPK, LPS,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cases korupsi,