Gunung Gamalama Keluarkan Asap Putih Setinggi 200 Meter, Dipastikan Bukan Peningkatan Aktivitas Vulkanis

  • 12 Juli 2022 13:37:16
  • Views: 9

PIKIRAN RAKYAT - Gunung Gamalama baru-baru ini dilaporkan mengeluarkan asap putih setinggi 200 meter dari kawah puncak selama tiga jam pada Selasa pagi, 12 Juli 2022.

Gunung Gamalama yang mengeluarkan asap putih setinggi 200 meter itu, diketahui terletak di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Gunung Gamalama, dalam detailnya, aktif mengeluarkan asap putih dari kawah puncak sepanjang pukul 06.30-09.30 WIT.

Namun, Kepala Pos Pengamatan Gunung Gamalama, Dedi Nurani memastikan asap putih yang mencapai 200 meter bukan tanda peningkatan aktivitas vulkanis.

Baca Juga: 7 Sapi Terbesar dan Termahal di Idul Adha 2022, Milik Jokowi hingga Atta Halilintar

Alih-alih aktivitas vulkanis, Dedi menyebut curah hujan dengan intensitas tinggi selama seminggu terakhir sebagai penyebabnya.

Dedi, lantas menjelaskan curah hujan yang terus menerus masuk ke kawah Gunung Gamalama itu, akhirnya memunculkan uap dan asap yang naik ke puncak kawah gunung.

Air hujan yang terus menerus masuk ke kawah Gunung Gamalama, berinteraksi dengan kawah panas mengakibatkan asap naik ke atas, katanya dalam pernyataan baru-baru ini, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.

Dalam kesempatan itu, Dedi tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati puncak Gunung Galamalama dalam radius 1,5 meter.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014984529/gunung-gamalama-keluarkan-asap-putih-setinggi-200-meter-dipastikan-bukan-peningkatan-aktivitas-vulkanis

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014984529/gunung-gamalama-keluarkan-asap-putih-setinggi-200-meter-dipastikan-bukan-peningkatan-aktivitas-vulkanis
Tokoh





Graph

Extracted

persons Atta Halilintar, joko widodo,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
places MALUKU, MALUKU UTARA,
cities Gunung,
animals Sapi,