PSI Minta Anies Turun ke Lapangan Cek Industri Penghasil Polusi

  • 12 Juli 2022 13:18:57
  • Views: 5

MerahPutih.com - Polusi udara di Jakarta saat ini tengah menjadi sorotan karena dinobatkan sebagai terburuk di dunia. Salah satu penyumbang polusi udara di DKI ialah pabrik atau perusahaan industri.

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan meminta Gubernur Anies Baswedan untuk turun ke lapangan guna melakukan pengecekan industri penghasil polusi.

Warga butuh aksi nyata dari wacana yang dilontarkan gubernur. Pencemaran udara di ibu kota kian memburuk, Pemprov DKI mestinya peka terhadap isu lingkungan yang berdampak pada kesehatan, ucap August di Jakarta, Selasa (12/7).

Baca Juga:

Anies Diminta Bikin Pergub Retribusi Helipad dan Sandar Kapal di Kepulauan Seribu

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini juga menyebutkan berdasar data, ada sekitar 114 pabrik dan perusahaan yang memiliki cerobong gas buang. Industri tersebut umumnya memiliki lebih dari 1 cerobong. Dinas LHK DKI pada 2019 merilis ada sekitar 1.150 cerobong gas buang industri yang berada di ibu kota.

Tidak tepat rasanya kalau hanya mengancam untuk mencabut izin, Pemprov DKI harus melakukan sidak dan pemeriksaan secara langsung dan secepat mungkin terhadap disiplin para industri penghasil polusi udara tersebut. Ini merupakan prioritas penting bagi keberlangsungan hidup warga di Jakarta, tegasnya.

Baca Juga:

Anies Tunggu Proses Hukum terhadap ACT

August juga mengkritisi pernyataan Gubernur Anies yang mengatakan kualitas udara buruk Jakarta tidak lepas dari wilayah sekitar ibu kota. Menurutnya, tidak elok seorang pemimpin daerah turut menyalahkan daerah penyangga yang turut memberi kontribusi udara buruk ke ibu kota.

Jakarta sebagai ibu kota tentunya tidak bisa lepas dari wilayah penyangga di sekitarnya. Alasan tersebut terlalu mengada-ada. Kenapa tidak, Pemprov DKI yang memiliki anggaran paling besar ketimbang daerah penyangga melakukan sinergitas, kolaborasi dan menjadi insiator untuk memperbaiki kualitas udara, tidak hanya ngeles, urainya. (Asp)

Baca Juga:

Salat Idul Adha di JIS, Anies Baswedan Bawa Anak Istri


https://merahputih.com/post/read/psi-minta-anies-turun-ke-lapangan-cek-industri-penghasil-polusi

Sumber: https://merahputih.com/post/read/psi-minta-anies-turun-ke-lapangan-cek-industri-penghasil-polusi
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, August Hamonangan,
companies ADA,
ministries DPRD, Fraksi PSI,
ngos ACT,
parties PSI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
places DKI Jakarta,
cities Kepulauan Seribu,