Kemendag dan Kementan Gagal Jaga Stabilitas Harga Pangan saat Idul Adha 2022

  • 12 Juli 2022 10:59:14
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menilai Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) gagal menjaga stabilitas harga pangan di hari Raya Idul Adha.

Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri, mengatakan sudah hampir satu bulan cabai rawit dan beberapa jenis cabai lain harganya masih tinggi. Cabai rawit merah tembus di angka Rp 115 ribu per kg, bahkan sudah tembus Rp 130 ribu per kg, termasuk bawang merah tembus di angka 70 ribu sampai bahkan ada yang menjual Rp 75 ribu per kg.

Ini bukti bahwa tidak ada upaya kongkrit dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian dalam menjaga stabilitas pangan menjelang dan sesudah Idul Adha, kata Abdullah, Selasa (12/7/2022).

IKAPPI menyebut, dua komoditas ini memang tidak mendapatkan sentuhan maksimal dari dua Kementerian tersebut.

Kita tahu bahwa kenaikan dua komoditas itu sudah terjadi hampir satu bulan penuh, dan IKAPPI sudah ingatkan untuk menjaga stabilitasnya beberapa bulan lalu, IKAPPI meminta kepada Kementrian Perdagangan dan Pertanian untuk kembali menjaga pasokan paskah Idul Adha, kata Abdullah.

Beberapa komoditas lain yang cukup rawan antar lain tomat, kentang, sayur mayur, ayam dan beberapa komoditas lain juga kami pantau mengalami kenaikan. Komoditas pangan ini serasa tidak mendapat sentuhan dan tidak terjaga oleh kementrian terkait

Maka Ikatan Pedagang Pasar Indonesia meminta ke semua pihak untuk fokus pada beberapa komoditas pangan yang kami sebut, tidak hanya minyak goreng yang di urus tetapi komuditas lain juga harus mendapatkan perhatian khusus, banyak konsumen dan pedagang menjerit karena harganya yang terlalu tinggi, pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan langsung turun gunung usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (15/06/2022) kemarin. Dalam blusukannya hari ini, Kamis (16/06/2022), Zulkifli Hasan memantau kondisi di Pasar Cibubur, Jakarta Timur.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5011449/kemendag-dan-kementan-gagal-jaga-stabilitas-harga-pangan-saat-idul-adha-2022

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5011449/kemendag-dan-kementan-gagal-jaga-stabilitas-harga-pangan-saat-idul-adha-2022
Tokoh







Graph

Extracted

persons Abdullah Mansuri, joko widodo, Zulkifli Hasan,
companies ADA, WhatsApp,
ministries Kemendag, Kementan,
organizations IKAPPI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Cibubur, Gunung,
animals Ayam,
plants Bawang merah, Cabai, kentang, Tomat,