Mobil Plug-in Hybrid Vs Bensin, Mana yang Lebih Baik?

  • 12 Juli 2022 09:06:34
  • Views: 7

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik dengan baterai murni disebut sebagai kendaraan masa depan. Namun, banyak yang bilang roda empat plug-in hybrid electric vehicles (PHEV) sejatinya merupakan model yang paling masuk akal, dan paling bisa diandalkan di era ramah lingkungngan.

Tentu saja, banyak yang berpendapat, mobil PHEV ini jelas lebih ramah lingkungan dibanding mobil bensin alias konvensional. Namun ternyata, hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Sebuah penelitian mengatakan, sebagian besar model PHEV tidak lebih lebih ramah lingkungan dibanding mesin pembakaran biasa atau konvensional. Pasalnya, roda empat tersebut jangkauan listriknya terbatas.

Selain itu, jika PHEV tidak diisi baterainya secara teratur, maka emisi CO2 yang dihasilkan bisa lebih buruk dibanding mobil bensin atau diesel.

Mengutip Carscoops, Minggu (10/72022), para peneliti Jerman mengatakan bahwa regulator dan pemerintah harus berhenti memberikan fasilitas yang menunjang PHEV. Namun, kesimpulan ini hanya sebagai amunisi bagi para kritikus teknologi, karena pembuat mobil premium Bavarian telah menggunakan sistem PHEV sebagai cara efektif untuk mengurangi emisi CO2.

Para peneliti di Institut Fraunhofer ISI dan Dewan Internasional untuk Transportasi Bersih (ICCT) memeriksa data penggunaan lebih dari 100 ribu unit PHEV di lebih dari 66 model berbeda yang dijual di Eropa, AS, dan Cina.

Hasilnya, mobil hybrid menghasilkan emisi CO2 rata-rata dua kali lebih tinggi dari apa yang diklaim pembuat mobil terlepas dari siklus uji (NEDC atau WLTP).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 resmi dibuka di JCC dan berlangsung hingga 20 Maret 2022 mendatang. Produsen otomotif ternama menggelar produk-produknya. Mobil hybrid dan listrik kini menjadi pusat perhatian seiring dengan perkembang...


https://www.liputan6.com/otomotif/read/5006183/mobil-plug-in-hybrid-vs-bensin-mana-yang-lebih-baik
 

Sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/5006183/mobil-plug-in-hybrid-vs-bensin-mana-yang-lebih-baik
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
organizations Gaikindo,
topics Listrik,
nations Jerman, Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik,