Pasca Idul Adha, Mentan Sidak Stok Dan Harga Pangan Di Pasar Kota Makassar

  • 11 Juli 2022 22:10:05
  • Views: 14

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, guna mengetahui langsung dinamika stok dan harga pangan pasca Idul Adha. Alhasil, ketersediaan dan harga pangan masih aman.

Saya di sini mengecek dinamika produksi dan harga pangan yang berkaitan dengan inflasi. Khususnya komoditas cabe dan bawang yang alami dinamika relatif serius saat menjelang Idul Adha kemarin. Tapi, kondisinya aman. Karena itu, perlu kita pantau terus kestabilannya hingga pasca Idul Adha dengan memperbaiki sistem logistik, ujar SYL saat sidak di pasar tersebut, Senin (11/7).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini menegaskan, pemerintah telah melakukan intervensi optimal untuk stabilitas harga khususnya cabai dan bawang. 

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Sebar Daging Kurban Di Jakarta, Depok, Dan Bekasi

Namun demikian, pada hari pertama pasca Lebaran ini harga cabe dan bawang mengalami sedikit kenaikan fluktuatif karena suplai dari daerah produksi berkurang.

Karena itu, logistik dan sistem supply dan demand harus dikendalikan. Kami akan intervensi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Yang terpenting, Kementerian Perdagangan betul-betul mengatur sistem logistiknya, tegasnya.

SYL mengatakan, pengaturan sistem logistik pangan ini sangat penting, karena walaupun kondisi produksi melimpah, tapi karena logistiknya tidak lancar dapat menyebabkan harga naik. 

Berita Terkait : Sambut Lebaran Idul Adha, PLN Siaga Penuh Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Kementerian Pertanian berkomitmen menjamin produksi atau ketersediaan pangan dalam momentum apapun selalu siap stoknya.

Ketersediaan stok pangan di pasar dan kelancaran distribusinya ini domainnya pemerintah daerah. Tapi saya bantu intervensi untuk mengaturnya bersama Kementerian Perdagangan, agar distribusi dari daerah produksi ke daerah suplai benar-benar terintervensi, tuturnya.

Menurut SYL, intervensi ini untuk benar-benar menjamin neraca suatu komoditas pangan itu aman. Misalnya, neraca cab: di beberapa itu aman dan ada keterlambatan produksi karena musim dan cuaca, tapi inilah dinamika di sektor pertanian.

Berita Terkait : Jelang Idul Adha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Di Wilayah Jakarta

Adapun berdasarkan data Pengelola Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar, harga komoditas pangan saat ini, yakni beras premium Rp 11 ribu, beras medium Rp 10 ribu, gula pasir lokal Rp 15 ribu, daging ayam Rp 45 ribu dan telur ayam Rp 27 ribu. 

Selanjutnya, harga cabe merah kriting dan besar Rp 60 ribu, cabe rawit merah Rp 100 ribu, bawang merah Rp 65 ribu dan bawang putih Rp 25 ribu.■


https://rm.id/baca-berita/government-action/132046/pasca-idul-adha-mentan-sidak-stok-dan-harga-pangan-di-pasar-kota-makassar
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/132046/pasca-idul-adha-mentan-sidak-stok-dan-harga-pangan-di-pasar-kota-makassar
Tokoh



Graph

Extracted

persons Syahrul Yasin Limpo,
companies ADA,
ministries Kemendag, Kementan,
bumns PLN,
topics Listrik,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products bawang putih, Beras, daging, Telur ayam,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, SULAWESI SELATAN,
cities Bekasi, Depok,
animals Ayam,
plants Bawang merah, Cabai,