Survei: Sembako Naik Alasan Tertinggi Masyarakat Tidak Puas Kinerja Jokowi

  • 11 Juli 2022 19:29:36
  • Views: 3

Merdeka.com - Survei Indikator Politik Indonesia mencatat tingkat ketidakpuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo paling tinggi disebabkan karena harga barang pokok naik.

Sebanyak 30,2 persen responden yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi. Sebagian besar alasannya karena harga barang pokok naik, yaitu 44,1 persen.

taboola

Hampir 1/3 masyarakat tidak puas itu pusat atau sumber ketidakpuasan mereka terutama karena faktor harga barang pokok yang meningkat, ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan survei secara daring, Senin (11/7).

Alasan kedua tertinggi adalah bantuan kepada masyarakat yang tidak merata (15,4 persen). Menurut Burhanuddin, pemerintah perlu memberikan catatan terhadap poin ini.

Jadi kalau ada BLT tetapi BLT tidak disampaikan ada banyak kebocoran ada banyak yang tidak berhak tapi dapat bantuan itu jadi sumber ketidakpuasan juga jadi hati-hati. Pemerintah apalagi ke depan misalnya ada wacana pemberian bansos tetapi sampai diterima oleh mereka yang tidak berhak itu memicu ketidakpuasan buat masyarakat yang tidak menerimanya apalagi mereka merasa berhak menerima bansos, jelas Burhanuddin.

Alasan berikutnya yang membuat masyarakat tidak puas adalah lapangan kerja dan pengangguran 6,7 persen, kemiskinan tidak berkurang 4,9 persen, dan gagal menanggulangi pandemi 3,9 persen.

Sedangkan, yang membuat kepuasan terhadap kinerja Jokowi membaik adalah memberikan bantuan kepada masyarakat sebesar 38,1 persen. Kedua adalah pembangunan infrastruktur sebesar 20 persen. Kemudian kinerja bagus 9,8 persen, merakyat 6,8 persen, dan orangnya baik 4,8 persen.

Sementara total responden yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi 57,8 persen menyatakan cukup puas, 9,7 persen puas.

Survei Indikator Politik digelar pada 16-24 Juni 2022. Jumlah sampel dipilih sebanyak 1.200 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

[ded]

https://www.merdeka.com/politik/survei-sembako-naik-alasan-tertinggi-masyarakat-tidak-puas-kinerja-jokowi.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/politik/survei-sembako-naik-alasan-tertinggi-masyarakat-tidak-puas-kinerja-jokowi.html
Tokoh





Graph

Extracted

persons Burhanuddin Muhtadi, joko widodo,
companies ADA,
ngos Indikator Politik Indonesia, Survei Indikator,
topics Bantuan Sosial,
products BLT, sembako,
nations Indonesia,
cases pengangguran,