Lili Pintauli Siregar Resmi Mundur dari Posisi Wakil Ketua KPK RI

  • 11 Juli 2022 17:15:27
  • Views: 1

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua KPK RI, Lili Pintauli Siregar resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Dewan Pengawas atau Dewas lembaga antirasua pun menyatakan, ia tak bisa diadili etik karena keputusan mundur sudah diambil.

Menetapkan menyatakan gugur sidang etik dugaan pelanggaran kode etik atas nama terperiksa Lili Pintauli Siregar dan menghentikan penyelenggaraan etik, kata Tumpak H Panggabean, Ketua Majelis Sidang Etik, Senin (11/7/2022).

Ia menyampaikan, surat pengunduran Lili juga sudah dikeluarkan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo), yakni Presiden RI Nomor 71/P/2022.

Menimbang oleh karena terperiksa Lili Pintauli telah mengundurkan diri dari Wakil Ketua KPK RI, dan telah terbit keputusan Presiden RI Nomor 71/P/2022 yang telah memberhentikan terperiksa sebagai wakil ketua merangkap anggota KPK RI, maka terperiksa tidak lagi berstatus insan komisi yang merupakan subjek hukum dari peraturan Dewas KPK RI, jelasnya.

Sehingga kata dia, dugaan pelanggaran kode etik, dan kode perilaku KPK RI, tidak dapat dipertanggungjawabkan lagi kepada terperiksa atau Lili tersebut.

Dengan demikian cukup alasan bagi majelis etik untuk menyatakan persidangan etik gugur dan tidak melanjutkan persidangan etik, ujarnya.

Diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, Lili berulang kali dilaporkan ke Dewas KPK RI. Salah satunya ia diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Ia diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika beberapa bulan lalu. Dewas KPK telah meminta konfirmasi pihak BUMN, yaitu PT Pertamina, untuk membawa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perkara ini.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort.

Selain itu, Lili Pintauli Siregar pernah dijatuhi sanksi etik pemotongan gaji terkait penyalahgunaan pengaruh dan hubungannya dengan pihak berperkara di KPK RI, Wali kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/418082/lili-pintauli-siregar-resmi-mundur-dari-posisi-wakil-ketua-kpk-ri

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/418082/lili-pintauli-siregar-resmi-mundur-dari-posisi-wakil-ketua-kpk-ri
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Lili Pintauli Siregar,
companies Google, Telegram,
ministries Dewas KPK, KPK,
bumns PT Pertamina,
events MotoGP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Lombok,