Iluni UI Soroti Peran Bank Indonesia soal Penciptaan Lapangan Kerja

  • 11 Juli 2022 16:59:26
  • Views: 6

Bank Indonesia (BI) dianjurkan segera menaikan suku bunga acuan yang kini masih anteng di level 3,50 persen. Langkah menaikkan suku bunga acuan ini guna meredam tekanan inflasi dan ancaman krisis ekonomi global yang makin mengintai.

Untuk diketahui, beberapa bank sentral negara maju telah menaikkan bunga acuan untuk menahan laju inflasi. Salah satunya adalah bank sentral Amerika Serikat (AS)  atau the Federal Reserve (The Fed) yang telah menaikan suku bunga acuannya sebesar 150 basis poin (bps) pada Juni 2022. Kenaikan agresif itu akan berlanjut pada Juli mendatang, yakni antara 50-75 bps.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira pun mendorong KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) untuk melakukan beberapa kebijakan dalam jangka pendek.

Seperti, melakukan Stress test terhadap perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lain. Terutama berkaitan dengan dampak resesi di AS, keluarnya modal asing, dan kenaikan suku bunga The Fed yang eksesif.

Segera menaikkan suku bunga 50 bps sebagai langkah pre-emptives hadapi tekanan inflasi di semester ke II 2022, kata Bhima kepada Liputan6.com, Minggu (26/6/2022).

Selanjutnya, KSSK juga dinilai perlu memperbaiki jaring pengaman sistem keuangan, terutama pada skenario bail in.

Kemudian, Bhima juga mendorong adanya penambahan negara mitra local currency settlement (LCS), dan lalu pemberian insentif lebih besar bagi pelaku susaha ekspor agar menukar devisa dolar AS dengan rupiah.

Tingkatkan serapan investor domestik dalam SBN (Surat Berharga Negara) untuk cegah volatilitas akibat keluarnya investor asing di pasar obligasi, pungkas Bhima.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5010881/iluni-ui-soroti-peran-bank-indonesia-soal-penciptaan-lapangan-kerja

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5010881/iluni-ui-soroti-peran-bank-indonesia-soal-penciptaan-lapangan-kerja
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bhima Yudhistira,
ministries BI, BPS, KSSK,
topics ekspor, LCS, volatilitas,
products dolar AS, SBN,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places rupiah,