Sidang Gratifikasi Tiket MotoGP Dihentikan, Lili Pintauli: Terima Kasih

  • 11 Juli 2022 14:47:02
  • Views: 4

JAKARTA - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghentikan sidang dugaan pelanggaran etik dengan terlapor Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (LPS). Sidang dihentikan setelah laporan dugaan gratifikasi Lili dianggap gugur karena Lili Pintauli telah resmi mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK.

Lili Pintauli hadir langsung dalam sidang putusan dugaan penerimaan gratifikasi berupa tiket nonton ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika dari PT Pertamina yang digelar Dewas KPK, siang ini. Lili menerima putusan tersebut. Lili berterima kasih atas hasil putusan Dewas KPK.

Terima kasih majelis, saya menerima penetapan majelis, ujar Lili di kantor Dewas KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Untuk diketahui, penghentian sidang dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli atas musyawarah dari seluruh anggota Dewas KPK. Dewas KPK bakal menyerahkan salinan putusan etik itu ke Lili. Salinan putusan juga bakal diserahkan ke pimpinan KPK.

Nanti penetapannya bisa dimintakan kepada sekretaris dewas, nanti dikirim mungkin salinan atau petikan yang kita juga sampaikan kepada pimpinan maupun kepada yang membutuhkan, kata Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean.

Surat pengunduran diri Lili sudah diteken atau ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, Jokowi telah menerbitkan surat Keputusan Presiden (Keppres) tekait pemberhentian Lili sebagai pimpinan KPK. Dewas telah menerima surat Keppres tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Lili mundur sebagai pimpinan KPK berkaitan dengan dilanjutkannya laporan dugaan penerimaan gratifikasi berupa tiket nonton MotoGP oleh Dewas ke sidang etik.

Laporan dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli dilanjutkan ke sidang etik setelah Dewas mengantongi keterangan dari para saksi. Salah satunya, keterangan dari Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati.

Dalam laporannya, Lili diduga menerima tiket nonton ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok dan fasilitas penginapan dari PT Pertamina. Tiket dan fasilitas penginapan tersebut merupakan bentuk gratifikasi yang dilarang diterima oleh penyelenggara negara ataupun pimpinan KPK.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/11/337/2627476/sidang-gratifikasi-tiket-motogp-dihentikan-lili-pintauli-terima-kasih?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/11/337/2627476/sidang-gratifikasi-tiket-motogp-dihentikan-lili-pintauli-terima-kasih?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons joko widodo, Lili Pintauli Siregar, Nicke Widyawati, Widyawati,
ministries Dewas KPK, KPK, LPS,
bumns PT Pertamina,
events MotoGP,
fasums Sirkuit Mandalika,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Lombok,
cases korupsi,