Banyak Ikan Sapu-sapu Mati Terapung di Kali Baru, DLH DKI Periksa Dugaan Air Tercemar Limbah Jeroan Hewan Kurban

  • 11 Juli 2022 14:47:53
  • Views: 10

Suara.com - Ikan sapu-sapu dalam jumlah banyak mati di Kali Baru, Kelurahan Tengah, Jakarta Timur beredar di media sosial. Video ikan-ikan itu mengambang terbawa arus sungai dibagikan melalui akun instagram @jakartainformasi.

Menanggapi hal ini, Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, mengakui adanya peristiwa itu. Ia menyebut petugas DLH DKI sudah datang ke lokasi untuk mengecek kejadian ini.

Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 Jam 07.20 WIB di aliran Sungai Kali Baru tepatnya di depan RT 01/08 Kelurahan Tengah telah menemukan/mendapatkan Ikan-ikan di aliran Kali Baru mati dan terbawa arus arah utara, ujar Yogi saat dikonfirmasi, Senin (11/7/2022).

Yogi mengatakan pihaknya masih melakukan penelusuran atas peristiwa ini. Sampel air Kali Baru sedang diteliti untuk dicek adanya dugaan tercemar limbah.

Baca Juga: Diduga Keracunan Limbah Jeroan Hewan Kurban, Ribuan Ikan di Kali Baru Ditemukan Mati

Kita sedang kirim tim untuk ambil sampel air tersebut untuk dicek di Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, kata dia.

Sementara petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ikhsan Nasution mengatakan dirinya pertama kali menemukan ikan-ikan tersebut mati di saringan air Cililitan pada pukul 07.00 WIB. Diduga ribuan ikan, khususnya berjenis sapu-sapu itu mati karena keracunan limbah jeroan hewan kurban.

Berdasarkan kesaksiannya, ia melihat ikan-ikan tersebut mengambang bersama jeroan.

Pas kita kerja kita lihat ikan pada 'ngambang' semua berbarengan sama jeroan, jeroan sapi, jeroan kambing, kata Ikhsan seperti diberitakan Antara.

Kasus serupa menurutnya juga pernah terjadi beberapa tahun lalu yang juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Ribuan Ikan Mati Mengambang di Kali Baru Jakarta Timur, Diduga Keracunan Jeroan Hewan Kurban


https://www.suara.com/news/2022/07/11/142434/banyak-ikan-sapu-sapu-mati-terapung-di-kali-baru-dlh-dki-periksa-dugaan-air-tercemar-limbah-jeroan-hewan-kurban

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/11/142434/banyak-ikan-sapu-sapu-mati-terapung-di-kali-baru-dlh-dki-periksa-dugaan-air-tercemar-limbah-jeroan-hewan-kurban
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places DKI Jakarta, SULAWESI SELATAN,
cities Cililitan,
animals Kambing, Sapi,