5 Jurus Alami Agar Daging Terasa Empuk

  • 10 Juli 2022 13:06:01
  • Views: 5

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari ini telah tiba Idul Adha, hari dimana warga masyarakat memperoleh jatah daging, baik sapi maupun kambing. Untuk mengolah daging-daging tersebut agar empuk tentu ada kiat tersendiri, agar daging nikmat disantap.

Jika daging sudah empuk, bumbu-bumbu tentu akan mudah terserap dan bakal mudah dikunyah. Daging yang empuk memang bisa diolah memakai panci presto, namun jika Anda tidak punya panci presto ini ada jurus lain. Berikut 5 jurus itu seperti dikutip dari Delishably:

1. Menggunakan Buah Nanas
Tumbuk daging Cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat tekstur daging menjadi empuk yaitu menumbuk atau memukulnya dengan benda tumpul seperti rolling pin atau palu.

Cara ini cocok dilakukan untuk daging yang akan digoreng atau ditumis, tetapi tidak disarankan untuk daging yang akan dipanggang. Sebab, proses penumbukkan akan membuat serat daging menjadi pecah. Daging yang ditumbuk sebaiknya sudah dipotong kecil terlebih dahulu serta sudah terpisah dari tulangnya.

2. Gunakan Enzim Buah
Cara alami yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging yaitu merendamnya dengan buah-buahan yang mengandung enzin protease. Enzim ini berfungsi memecah protein menjadi peptida dan asam amino.

Protease merupakan salah satu enzim pencernaan yang mampu memecah molekul seperti lemak, protein, dan karbohidrat menjadi molekul lebih kecil. Salah satu buah yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging yaitu kiwi, hal ini karena kiwi mengandung actinidin.

Menambahkan dari laman Sciendirect, buku Handbook of Proteolytic Enzymes (Third Edition) yang ditulis oleh Mike Boland dan Jaspreet Singh (2013), menuliskan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa actinidin pada kiwi dapat melunakkan daging.

Cara mengempukkan daging menggunakan kiwi termasuk mudah, yakni cukup rendam daging selama seminggu di dalam kiwi yang sudah dihaluskan. Selain kiwi, buah lain yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging yaitu nanas.

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat melunakkan tekstur daging. Akan tetapi enzim ini terbilang cukup kuat, bila tidak hati-hati dan proses perendaman terlalu lama, maka akan membuat daging menjadi bubur.

Beberapa buah lain yang bisa digunakan untuk melunakkan daging yaitu seperti pepaya, pir, buah tin, dan mangga. Tidak perlu menggunakan buah terlalu banyak untuk merendam daging, cukup baluri dua sendok makan buah yang sudah dihaluskan pada daging. Kemudian biarkan daging di suhu 50 hingga 70 derajat Celsius.


https://www.krjogja.com/angkringan/gaya-hidup/keluarga/5-jurus-alami-agar-daging-terasa-empuk/

Sumber: https://www.krjogja.com/angkringan/gaya-hidup/keluarga/5-jurus-alami-agar-daging-terasa-empuk/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, karbohidrat, lemak, protein,
places SULAWESI TENGAH,
cities Palu,
animals Kambing, Sapi,