Sapi Rentan Terpapar PMK, Banyak Warga Pilih Berkurban dengan Domba dan Kambing

  • 10 Juli 2022 12:34:27
  • Views: 9

PIKIRAN RAKYAT - Banyaknya sapi yang rentan terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat banyak warga beralih ke hewan lainnya untuk berkubran saat Idul Adha 2022.

Alhasil, domba maupun kambing menjadi alternatif hewan kurban yang dipilih oleh banyak warga.

Berdasarkan pantauan di Pasar Ternak Terpadu Cigembor, Ciamis pada Kamis, 7 Juli 2022, beberapa hari sebelum Idul Adha, tempat tersebut sudah dipenuhi pedagang dan pembeli.

Mereka tidak hanya dari Ciamis, tapi juga Tasikmalaya, Kota Banjar, dan lainnya. Peternak yang membawa domba, langsung dibuntuti calon pembeli.

Baca Juga: Ria Ricis dan Teuku Ryan Bagi-Bagi Belasan Hewan Kurban, Rayakan Idul Adha Pertama Sebagai Suami Istri

Mereka melihat kondisi fisik domba yang diikat di tiang pancang. Menjelang Idul Adha, harga domba naik sekitar Rp500.000 per ekor. Domba yang biasanya Rp2,5 juta, menjadi Rp3 juta. Domba yang semula harga Rp3,5 juta naik menjadi Rp4 juta.

“Makin dekat Idul Adha permintaan domba tambah banyak, otomatis harga juga ikut naik, fleksibel rata-rata Rp500,000, kata Rahmat, pedagang kambing asal Tasikmalaya.

Saat ini permintaan domba mencapai lebih dari 60 persen dibanding sebelumnya. Salah satunya karena banyak warga yang memilih domba sebagai kurban, setelah ramai wabah PMK.

“Konsumen takut PMK. Saat ini pedagang dan peternak domba sedang berbunga-bunga karena harga naik, ujarnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014967326/sapi-rentan-terpapar-pmk-banyak-warga-pilih-berkurban-dengan-domba-dan-kambing

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014967326/sapi-rentan-terpapar-pmk-banyak-warga-pilih-berkurban-dengan-domba-dan-kambing
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ria Ricis,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjar, Tasikmalaya,
animals Domba, Kambing, Sapi,