Kawasan Bromo-Tengger-Semeru Bakal Punya 4 Gerbang Wisata dan Rest Area

  • 09 Juli 2022 22:59:22
  • Views: 4

Selanjutnya, gerbang di Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo sebagai pintu masuk dari arah Kabupaten Malang. Serta gerbang di Desa Senduro sebagai pintu masuk dari arah Kabupaten Lumajang.

Untuk gerbang di Desa Senduro masuk dalam program prioritas Ditjen Cipta Karya tahap II dengan kebutuhan anggaran Rp 68,18 miliar. Progres pekerjaannya saat ini sudah selesai Detail Engineering Design (DED) dan tahap pengumuman lelang konstruksi.

Gerbang di Desa Senduro dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare milik Pemkab Lumajang dengan total luas bangunan 14.327 m2.

Selain bangunan gerbang, Kementerian PUPR membangun rest area yang dilengkapi foodcout, workshop dan hall, pusat souvenir, kantor pengelola, toilet umum, panggung terbuka, artificial artwork, ruang terbuka hijau, plaza, dan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) serta area parkir bus seluas 1.509 m2, parkir mobil seluas 1.212 m2, dan parkir motor seluas 216 m2.

Di lokasi tersebut juga dibangun Pasar Agropolitan dengan luas bangunan 176,64 m2 untuk menampung UMKM di kawasan sekitar.

Sementara untuk tiga gerbang lainnya yang berada di Desa Ngadiwono Kabupaten Pasuruan, Desa Sukapura Kabupaten Probolinggo, dan Desa Wringinanom Kabupaten Malang masih tahap penyiapan DED.

Pekerjaan fisik yang akan dilakukan Kementerian PUPR meliputi bangunan gerbang penanda masuk kawasan, rest area, parkir bus untuk transfer moda transportasi, cultural center, dan sarana pengembangan ekonomi lokal atau etalase produk.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009742/kawasan-bromo-tengger-semeru-bakal-punya-4-gerbang-wisata-dan-rest-area

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009742/kawasan-bromo-tengger-semeru-bakal-punya-4-gerbang-wisata-dan-rest-area
Tokoh

Graph

Extracted

fasums RTH,
products UMKM,
places JAWA TIMUR,
cities Lumajang, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Sukapura,