Gaet Pengguna Jargas Baru, PGN Beri Fasilitas Bedah Dapur

  • 09 Juli 2022 20:58:58
  • Views: 7

Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk terus mendorong utilisasi gas bumi untuk domestik. Langkah ini dilakukan karena gas bumi memiliki peranan yang sangat penting sebagai salah satu penyangga energi nasional sampai 2050. 

PGN bakal mengembangkan dan mengombinasikan infrastruktur pipa dan beyond pipeline pada sektor industri, rumah tangga, UMKM, pembangkit listrik, dan transportasi.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menjelaskan, berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional (RIPIN), terindikasi 7 Lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Baru yang menjadi potensi pengembangan jaringan gas bumi.

“Pengembangan infrastruktur gas bumi akan diselaraskan dengan rencana pengembangan Kawasan Industri (KI) dan infrastruktur pendukung KI. Kami melakukan joint study dengan Pengelola kawasan industri untuk memetakan potensi kebutuhan gas bumi di dalam KI. Tidak menutup kemungkinan untuk sinergi dengan BUMN Group lain, ujar Achmad dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Menurut Achmad, tantangannya adalah belum tersedia infrastruktur gas bumi yang merata di lokasi-lokasi potensial Kawasan Industri (KI) baru, terutama daerah Sumatera Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Tengah-Timur.

“Kemudian terdapat proyek regasifikasi refinery milik Pertamina Group. Salah satunya proyek di GRR Tuban terletak 55 Km dari Pipa Gresik-Semarang. Kilang PRPP telah menyediakan lahan dan akan membangun jetty untuk sandar kapal bear, termasuk incoming LNGC sehingga LNG akan lebih feasible menggunakan LNG Land Based, papar Achmad.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009732/gaet-pengguna-jargas-baru-pgn-beri-fasilitas-bedah-dapur

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009732/gaet-pengguna-jargas-baru-pgn-beri-fasilitas-bedah-dapur
Tokoh

Graph

Extracted

bumns PT Pertamina,
topics KEK, Listrik,
products UMKM,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Gresik, Semarang, Tuban,