PMK Membawa Berkah bagi Peternak Domba di Ciamis, Penjualan Meroket Jelang Idul Adha

  • 09 Juli 2022 14:34:41
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) membawa keberuntungtan tersendiri bagi peternak domba dan kambing. Akibat terbatasnya pasokan sapi, banyak warga yang memilih domba atau kambing untuk kurban.

Pantauan “PR di Pasar Ternak Terpadu Cigembor, Ciamis, Kamis, 7 Juli 2022, sejak pagi sudah banyak pedagang maupun pembeli yang datang di tempat tersebut. Mereka tidak hanya dari Ciamis, tapi juga Tasikmalaya, Kota Banjar, dan lainnya.

Peternak yang membawa domba, langsung dibuntuti calon pembeli. Mereka melihat kondisi fisik domba yang diikat di tiang pancang.

Menjelang Idul Adha, harga domba naik sekitar Rp500.000 per ekor. Domba yang biasanya Rp2,5 juta, menjadi Rp3 juta. Domba yang semula harga Rp3,5 juta, naik menjadi Rp4 juta.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Selamat Idul Adha 2022, Cocok Dibagikan ke WA hingga FB

“Makin dekat Idul Adha, permintaan domba tambah banyak, otomatis harga juga ikut naik, fleksibel rata-rata Rp500.000, kata Rahmat, pedagang kambing asal Tasikmalaya, ketika ditemui kontributor “PR Nurhandoko Wiyoso.

Saat ini, permintaan domba mencapai lebih dari 60 persen dibanding sebelumnya. Salah satunya karena banyak warga yang memilih domba sebagai kurban, setelah ramai wabah PMK.

“Konsumen takut PMK. Saat ini pedagang dan peternak domba sedang berbunga-bunga karena harga naik, ujarnya.

Rahmat mengungkapkan, pada Idul Adha tahun 2021, ia menjual 200 domba. Saat ini, setidaknya 500 ekor sudah laku. Sebagian besar pesanan berasal dari relasinya yang berasal dari beberapa daerah.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Kurban agar Cita Rasa Masakan Anda Setara dengan Olahan Chef Dunia


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014960674/pmk-membawa-berkah-bagi-peternak-domba-di-ciamis-penjualan-meroket-jelang-idul-adha

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014960674/pmk-membawa-berkah-bagi-peternak-domba-di-ciamis-penjualan-meroket-jelang-idul-adha
Tokoh

Graph

Extracted

events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjar, Tasikmalaya,
animals Domba, Kambing, Sapi,