Jelang Iduladha, Puan: Perketat Penjualan Hewan Kurban

  • 09 Juli 2022 10:32:19
  • Views: 9

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memperketat pengawasan tempat penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu (10/7/2022) besok. 

Menurut Puan, hal ini menyusul kian maraknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mayoritas menyerang sapi.

Pengawasan harus terus dilakukan hingga saat-saat terakhir jelang Idul Adha agar hewan yang dijadikan kurban benar-benar layak dan sehat,  kata Puan kepada wartawan, Sabtu (9/7/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan Dinas Pertanian di tiap-tiap daerah untuk terus turun ke lapangan melakukan pengecekan di lapak-lapak penjualan hewan kurban di wilayahnya. Puan juga meminta partisipasi masyarakat.

Kalau bisa, beli hewan kurban di tempat atau penjual yang memiliki sertifikasi, ujarnya. 

Dan pastikan hewan yang dibeli memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) agar daging hewan kurban aman untuk dikonsumsi, tuturnya. 

Mantan Menko PMK itu juga meminta warga, khususnya yang menjadi panitia kurban, agar mengawasi proses penyemebelihan dengan seksama. Puan mengimbau, masyarakat untuk teliti melihat kondisi daging kurban.

Meskipun hewan yang terkena PMK aman untuk dikonsumsi setelah direbus minimal 30 menit, warga tetap harus waspada, pungkasnya.


https://rri.co.id/ekonomi/1529545/jelang-iduladha-puan-perketat-penjualan-hewan-kurban?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1529545/jelang-iduladha-puan-perketat-penjualan-hewan-kurban?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhadjir Effendy, Puan Maharani,
ministries DPR RI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban,
places DKI Jakarta,
animals Sapi,