Jurus Jitu Sampoerna Pangkas Rantai Panjang Perdagangan Tembakau, Bikin Petani Merasa Nyaman

  • 08 Juli 2022 22:59:00
  • Views: 10

Di Wonogiri, program kemitraan Sampoerna dilaksanakan melalui perusahaan pemasok tembakau, PT Sadhana Arifnusa, yang secara konsisten memberikan bimbingan bagi para petani mitra. Pendampingan tersebut berlangsung sejak pembibitan, penanaman, hingga panen, guna menjaga kualitas tembakau yangdihasilkan.

Pimpinan Area PT Sadhana Arifnusa, Soeharto menyampaikan, ada training personal dan kelompok hingga petani tembakau mengerti dan melakukannya. Juga ada transfer teknologi dan efisiensi pembiayaan di lapangan.

Dulu petani tembakau memakai cangkul, kini pakai kultivator. Dulu merajang daun tembakau secara manual, kini pakai mesin. Begitu juga dengan sistem irigasi dan penggunaan pupuk.

Petani merasa nyaman. Ketika dia tanam tembakau, sudah merasa nyaman siapa yang akan beli. Jadi sudah tidak perlu mencari yang mau beli. Inilah kemitraan yang menguntungkan. Dari sisi kualitas tembakau yang baik terpenuhi, kesejahteraan dan pendapatan petani meningkat dibanding sebelumnya, kata Soeharto.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009147/jurus-jitu-sampoerna-pangkas-rantai-panjang-perdagangan-tembakau-bikin-petani-merasa-nyaman

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5009147/jurus-jitu-sampoerna-pangkas-rantai-panjang-perdagangan-tembakau-bikin-petani-merasa-nyaman
Tokoh



Graph

Extracted

persons Soeharto,
companies ADA, PT HM Sampoerna Tbk,
places JAWA TENGAH,
cities Wonogiri,
plants Tembakau,