13 Organisasi Pelaku Wisata Tolak Wacana Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta

  • 08 Juli 2022 14:59:05
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta Wacana pemerintah mengenai tiket masuk dan terusan Pulau Komodo Rp 3,75 juta nampaknya mendapat protes dari sejumlah kalangan, salah satunya para pelaku usaha wisata di Labuan Bajo.

Hingga hari ini, setidaknya sudah ada 13 organisasi pelaku wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sepakat menyampaikan pernyataan sikap menolak kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo.

Wakil Ketua DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTT Robert Waka di Kupang, Jumat mengatakan 13 organisasi pelaku pariwisata tersebut di antaranya Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Kapal Wisata (Askawi), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Selain itu juga ada Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar), Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata (Formapp), Astindo, Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Dive Operators Community Komodo (DOCK), Jaringan Kapal Rekreasi (Jangkar), Barisan Pengusaha Labuan Bajo (BPLB) dan Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas), katanya., seperti dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2022).

Robert mengatakan bahwa pernyataan sikap dari sejumlah organisasi pelaku pariwisata itu sudah ia serahkan kepada Kepala Dinas Pariwisata NTT Sony Libing dengan harapan agar pemerintah NTT bisa mempertimbangkan kenaikan harga tiket masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo menjadi Rp3,75 juta per orang.

Menurut mereka, kenaikan harga tiket ke Pulau Komodo hanya akan bisa dijangkau oleh pasar menengah ke atas. Bahkan sampai saat ini belum ada survei terkait besaran jumlah segmen tersebut.

Kenaikan harga tiket tersebut menurut mereka akan berdampak pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan bahkan yang lebih buruk lagi adalah pembatalan pemesanan oleh calon klien agen perjalanan di daerah itu.

 

Usai heboh dengan wacana kenaikan tarif masuk ke atap Candi Borobudur yang fantastis, dunia pariwisata Indonesia kembali gaduh dengan wacana kenaikan tiket masuk Pulau Komodo. Pemprov Nusa Tenggara Timur, KLHK, bersama Balai Taman Nasional Komodo ber...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5008751/13-organisasi-pelaku-wisata-tolak-wacana-tiket-masuk-pulau-komodo-rp-375-juta

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5008751/13-organisasi-pelaku-wisata-tolak-wacana-tiket-masuk-pulau-komodo-rp-375-juta
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Sony,
ministries DPD,
organizations ASITA, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), PHRI,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Labuan Bajo, Manggarai,