Istana Pastikan Sapi Kurban Presiden Jokowi Sehat dan Bebas PMK

  • 08 Juli 2022 14:46:54
  • Views: 11

JAKARTA - Kepala Sekretriat Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan bahwa sapi yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Jokowi sudah menyiapkan satu ekor sapi untuk masing-masing 34 provinsi di Indonesia sebagai hewan kurban untuk perayaan Idul Adha seperti tahun-tahun sebelumnya.

Terkait prosesnya bagaimana dan kita ketahui isunya saat ini PMK. Kami bersama para Gubernur menjaga itu, supaya semuanya sapi-sapi kurban itu sesuai dengan karakter kesehatan yang sudah ditetapkan kementerian terkait, ujar Heru Budi Hartono, Jumat (8/7/2022) kepada awak media di Istana, Jakarta Pusat.

34 ekor sapi dari Presiden Jokowi tersebut kata Heru sudah melewati berbagai tahapan perawatan dan pemeriksaan sehingga bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku.

Kami bekerja sama dengan para Gubernur Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan Dinas Pertanian setempat. Dikoreksi lah sapi itu dan lain-lain. Maka tentunya sudah melewati dari proses-proses kesehatan yang diberikan sapi dari bapak Presiden tentunya sudah sehat. Itu langkah pertama, tegasnya.

Ia mengungkapkan awalnya pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan sapi lokal yang sehat dan sesuai kriteria.

Kemudian setelah ditentukan, turun Dinas Peternakan setempat dan didampingi dikonsultasikan dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama, jelas Heru Budi Hartono.

Sapi-sapi tersebut kata dia juga selalu dirawat agar menjelang pemotongan tidak terjangkit PMK.

Diawasi unsur staff dari Dinas Pertanian supaya sehat, gemuk, dan tidak tertular (PMK), istilahnya sudah dipingit dan ada juga yang sudah mendekati lokasi (ibukota Provinsi), tutup Heru Budi Hartono.

Sebagaimana diketahui Koordinator Tim Pakar Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Wiku Adisasmito meminta masyarakat berhati-hati jika berkontak dengan hewan ternak terinfeksi PMK dengan selalu mencuci tangan.

Selain itu Satgas PMK yang terdiri Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama memastikan dalam momentum Hari Raya Idul Adha pada 10 Juli 2022 mendatang, hewan ternak yang akan disembelih seluruhnya dalam keadaan aman dan sehat dari virus PMK.

Bagi hewan yang memiliki gejala atau terbukti terinfeksi virus PMK maka harus dipotong bersyarat, di mana dapat dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH), atau dimusnahkan melalui proses penguburan (bukan dibakar).

Sebagai bentuk kehati-hatian masyarakat dimohon untuk menghindari terlebih dahulu konsumsi bagian kaki, kepala, dan jeroan, kata Wiku, Kamis (7/7/2022) dalam konferensi pers secara daring.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/08/337/2626002/istana-pastikan-sapi-kurban-presiden-jokowi-sehat-dan-bebas-pmk?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/08/337/2626002/istana-pastikan-sapi-kurban-presiden-jokowi-sehat-dan-bebas-pmk?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Budi Hartono, Heru Budi Hartono, joko widodo, Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
companies ADA,
ministries BNPB,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
animals Sapi,