Panas Ekstrem di Arafah, Waspada Heat Stroke!

  • 08 Juli 2022 08:47:49
  • Views: 4

Suara.com - Cuaca panas ekstrem melanda Arafah, Arab Saudi, Kamis (7/7/2022), pada H-1 menjelang wukuf. Jemaah haji 2022 pun diimbau untuk mewaspadai ancaman heat stroke.

Melansir situs Weather.com, cuaca di Arab Saudi bisa menyentuh angka 41 derajat Celcius. Di Arafah, berdasarkan pantauan tim Media Center Haji, cuaca setempat bisa menyentuh angka 44 derajat Celcius.

Dokter Syahril Firmansyah selaku Penanggung Jawab Pos Kesehatan Arafah mengatakan heat stroke merupakan penyakit dominan yang sering dikeluhkan oleh pasien.

Pasien didominasi jemaah yang terkena heat stroke karena faktor cuaca panas ekstrem, ujar Syahrial ditemui tim Media Center Haji (MCH) di Pos Kesehatan Indonesia, Arafah, Arab Saudi, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Mulai Menempati Tenda di Arafah, Jemaah Haji Puas: Ini Kenikmatan dari Allah

Antisipasi heat stroke

Wukuf
Wukuf di Arafah. (Pixabay/konevi)

Syahril mengimbau jemaah untuk banyak mengonsumsi air mineral dan tidak menunggu haus. Jikalau mesti terekspose panas ekstrem, Syahril menyarankan agar menggunakan alat pelindung.

Jemaah diimbau banyak minum, jangan tunggu haus. Lalu jika mesti terekspose panas, gunakan alat pelindurng diri seperti kacamata, payung dan lainnya, kata Syahril.

Gejala heat stroke

Jemaah yang terkena heat stroke, kata Syahril, suhu tubuhnya bisa sampai 40 derajat Celcius. Kemudian, gejala berikutnya yakni suka linglung.

Baca Juga: Temui dan Kasih Semangat Jemaah Haji yang Sakit, Sikap Ridwan Kamil Dapat Pujian Publik: Presidenku

Lalu penurunan kesadaran, suhu sangat panas sehingga tidak sadar, kata Syahril.


https://www.suara.com/news/2022/07/08/075012/panas-ekstrem-di-arafah-waspada-heat-stroke

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/08/075012/panas-ekstrem-di-arafah-waspada-heat-stroke
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
topics haji, stroke,
products kacamata,
nations Arab Saudi, Indonesia,