Ramai Kasus Penyelewengan Dana, Abu Janda Posting Video Hoaks Anies Apresiasi ACT

  • 08 Juli 2022 06:46:59
  • Views: 7

JAKARTA – Video yang menampilkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara mengenai Aksi Cepat Tanggap (ACT) beredar setelah diposting oleh pegiat media sosial Permadi Arya, yang lebih dikenal sebagai Abu Janda. Video itu muncul di saat ACT ramai disorot karena kasus penyelewengan dana.

Dalam video itu Anies menyampaikan pernyataan yang memuji ACT dan mengapresiasi yayasan penyalur sumbangan itu dalam upaya mencari solusi pangan bagi warga.

Namun, video yang diposting di akun Instagram @permadiaktivis2 itu diduga telah direkayasa sehingga tak sesuai aslinya. Hal ini terlihat jika membandingkan video yang diposting Abu Janda dengan video di kanal YouTube ACT, yang diunggah dua tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Sosial (Kemensos) telah mencabut izin penyelenggaraan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) milik ACT menyusul kasus penyelewengan dana yang dilaporkan oleh salah satu media nasional. Dana yang telah terkumpul di ACT sebelum izin itu dicabut akan tetap disalurkan.

Adanya keputusan yang dikeluarkan Kemensos ini, kami akan mematuhi keputusan tersebut. Namun, untuk dana yang sudah terhimpun sebelum keputusan ini ditetapkan, kami akan tetap beraktivitas dan menyalurkannya sebagaimana amanah yang sudah diberikan, kata Presiden ACT Ibnu Khajar di Kantor ACT, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2022).

BACA JUGA: Abu Janda Diduga Sebar Hoaks Video Anies Bicara soal ACT


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/07/337/2625531/ramai-kasus-penyelewengan-dana-abu-janda-posting-video-hoaks-anies-apresiasi-act?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/07/337/2625531/ramai-kasus-penyelewengan-dana-abu-janda-posting-video-hoaks-anies-apresiasi-act?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Abu Janda, Anies Baswedan, Ibnu Khajar, Permadi Arya,
companies Dana, Instagram, YouTube,
ministries Kemensos,
ngos ACT,
places DKI Jakarta,
musicclubs IZ*ONE,