Cuaca Ekstrem di Arafah, Sejumlah Jemaah Alami Heat Stroke

  • 08 Juli 2022 01:52:24
  • Views: 6

Jumat, 8 Juli 2022 - 01:00 WIB

VIVA – Tiba di Arafah, sejumlah jemaah haji Indonesia mengalami gangguan kesehatan, Kamis 7 Juli 2022. Cuaca panas yang ekstrem membuat sejumlah jemaah mengalami heat stroke.

Pasien didominasi jemaah yang terkena heat stroke karena faktor cuaca panas ekstrem, kata Penanggung Jawab Pos Kesehatan Arafah, dr Syahril Firmansyah kepada Tim MCH (Media Center Haji) Satgas Arafah.

Hingga hari ini, ada empat pasien rawat jalan dan enam pasien rawat inap. Empat di antaranya mengalami heat stroke. Sisanya faktor penyakit tidak menular, seperti Kanker, Hipertensi, Stroke, dan Diabetes Melitus, jelas dr Syahril.

Cuaca

Cuaca ekstrem di Arafah, sejumlah jemaah alami heat stroke.

dr Syahril mengimbau, para jemaah yang saat ini berada di Arafah untuk tidak sungkan bertanya kepada Tim Medis yang berjaga di setiap Sektor. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada dokter pendamping di setiap Maktab. Jemaah diimbau komunikasi ke dokter pendamping, aktif bertanya tentang apa yg dikeluhkan. Jika tidak memungkinkan, ada Pos Satelit dan Tenaga Kesehatan dari EMT.

Jika gejala berkurang, bisa kembali kloter. Jika tidak, jemaah belum bisa kembali dan mesti dirujuk ke KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) Arafah atau Posko Kesehatan Indonesia.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1494854-cuaca-ekstrem-di-arafah-sejumlah-jemaah-alami-heat-stroke

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1494854-cuaca-ekstrem-di-arafah-sejumlah-jemaah-alami-heat-stroke
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics diabetes, haji, stroke,
nations Indonesia,