Apple Akan Rilis Lockdown Mode untuk Lindungi Pengguna dari Spyware

  • 07 Juli 2022 21:10:24
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengungkap akan memperkenalkan Lockdown Mode ke seluruh perangkat iPhone, iPad, hingga Mac.

Adapun Lockdown Mode adalah fitur dimana fitur-fitur tertentu akan dimatikan, dan melindungi pengguna dari penyusup/spyware berbahaya.

Apple mengatakan, fitur ini adalah perlindungan opsional bagi jurnalis, aktivis, dan pembela hak asasi manusia yang menjadi sasaran negara menggunakan spyware.

Dilansir Gizmodo, Kamis (7/7/2022), fitur ini hadir sebagai solusi setelah beberapa tahun serangan spyware sukses menargetkan ribuan pengguna iPhone di seluruh dunia.

Memanfaatkan kerentanan di sistem keamanan perangkat, pembuat spyware seperti NSO Group, Candiru, dan Cytrox dapat menginjeksi spyware atas permintaan pelanggan pemerintah mereka.

Saat diaktifkan, mode baru ini akan menonaktifkan fungsi dan fitur tertentu dimana titik masuk untuk infeksi spyware di masa lalu.

Lockdown mode akan memblokir sebagian besar jenis attachment pesan (yang biasanya digunakan untuk penyebaran spyware licik), serta koneksi kabel ke komputer atau perangkat lain.

Dalam beberapa kasus, berbagai jenis kode diblokir agar tidak berjalan di perangkat (Apple mencontohkan menggunakan kompilasi JavaScript just-in-time (JIT)).

Lockdown mode adalah fitur inovatif yang mencerminkan komitmen teguh kami untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih, kata Ivan Krstić, kepala teknik dan arsitektur keamanan Apple.

Sementara sebagian besar pengguna iPhone, iPad, dan Mac tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan bekerja tanpa lelah untuk melindungi minoritas, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


https://www.liputan6.com/tekno/read/5007564/apple-akan-rilis-lockdown-mode-untuk-lindungi-pengguna-dari-spyware

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5007564/apple-akan-rilis-lockdown-mode-untuk-lindungi-pengguna-dari-spyware
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp, YouTube,
topics lockdown,
products iPhone,
places DKI Jakarta,
cases serangan siber,
brands Apple,