Sinyal The Fed Akan Kembali Kerek Suku Bunga Apabila Inflansi Makin Membengkak

  • 07 Juli 2022 21:06:32
  • Views: 2

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – The Fed mengungkap rencananya yang akan menaikkan kembali suku bunga acuan AS sebesar 50 hingga 75 basis poin pada bulan ini. Kebijakan tersebut diambil setelah inflasi di AS melesat sebanyak 2 persen.

Meski naik tipis, namun lonjakan inflasi telah memicu kekhawatiran akan terjadinya resesi apabila inflasi tersebut tak kunjung dihentikan. Mengingat saat ini inflasi di AS telah melesat ke level tertinggi, bahkan sejak Mei 2021 hingga bulan Juni 2022 indeks harga konsumen AS telah meningkat sebanyak 6,3 persen.

Dorongan inilah yang membuat The Fed mengambil keputusan agresif dengan mengerek laju suku bunganya. Meski masih wacana namun dengan mengekang kebijakan moneternya, The Fed percaya bahwa cara tersebut dapat menghambat percepatan inflasi di negaranya.

Baca juga: Analis: Suku Bunga The Fed dan Ancaman Resesi Biang Kerok Rupiah Jatuh Hampir Rp 15.000/USD

“Dorongan agresif The Fed untuk mengekang inflasi terpanas dalam 40 tahun telah mengguncang pasar keuangan, namun pengetatan kebijakan dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi untuk sementara waktu. jelas risalah pertemuan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal yang dirilis di Washington, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Kenaikan Suku Bunga The Fed Picu Asing Keluar dari SBN

Mengutip dari Al Jazeera, selain mengalami peningkatan inflasi Amerika Serikat saat ini juga tengah mengalami penurunan produksi manufaktur, imbas melemahnya daya konsumsi masyarakat.

Kondisi inilah yang makin mendorong The Fed untuk mengekang kebijakan moneternya, demi menurunkan angka inflasi sambil menjaga pasar tenaga kerja agar tetap kuat. Namun apabila dalam beberapa pekan inflasi tidak menunjukan peningkatan, maka kebijakan The Fed untuk menaikan suku bunga acuan akan dibatalkan.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/07/sinyal-the-fed-akan-kembali-kerek-suku-bunga-apabila-inflansi-makin-membengkak

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/07/sinyal-the-fed-akan-kembali-kerek-suku-bunga-apabila-inflansi-makin-membengkak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies YouTube,
ministries Kemenkeu,
products SBN,
nations Amerika Serikat,
places rupiah,
cities Washington,