Menang Praperadilan Berkali-kali, Kepemimpinan Jaksa Agung Dipuji

  • 07 Juli 2022 20:41:56
  • Views: 11

POJOKSATU.id, JAKARTA- Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali menang atas tiga permohonan praperadilan dalam perkara dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang pengelolaan dana investasi PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life).


Pengamat hukum pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menilai kemenangan beruntun itu semakin mempertebal keyakinan publik atas profesionalisme Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Di mana Jaksa Agung selalu menekankan seluruh jajaran Korps Adyaksa untuk menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan integritas dan juga intelektualitas.


“Saya berpendapat bahwa dengan hal di atas merupakan salah satu bukti dari sikap profesionalisme kejaksaan di bawah S.T Burhanuddin. Ini menunjukkan kinerja Kejagung independen, berintegritas, dan makin profesional. Apa yang mereka lakukan sesuai prinsip dan prosedur penegakan hukum, kata Suparji saat dihubungi, Kamis (7/7),

Menurut Suparji, sejak dipimpin Burhanuddin Kejagung selalu menang dalam praperadilan. Sebelum kasus Taspen Life, Kejagung juga menang praperadilan dalam kasus PT ASABRI.

BACA : Usai Diperiksa Kejagung soal Kasus Migor Mantan Mendag M Lutfi Ogah Ngomong

Fakta tersebut menunjukkan berbanding terbalik dengan kinerja Kejagung sebelum era Burhanuddin yang berkali-kali kalah dalam praperadilan.

“Memang praperadilan ini sebatas menguji prosedur, tapi kalau keseringan kalah, apalagi dalam kasus yang disorot publik, pasti berpengaruh ke marwah lembaga ungkapnya.

Karena itu, Supardji menilai, Jaksa Agung Burhanuddin memiliki komitmen kuat terhadap penegakan etika profesi dan budaya kerja di lingkungan Korps Adhyaksa.

Hal itu tercermin dari sejumlah program peningkatan sistem pengendalian dan pengawasan internal seperti Satgas 53, juga dari ketegasan Jaksa Agung saat menyoroti masalah profesionalisme penegakan hukum.

“Misal, dalam kasus kekalahan berulang praperadilan Kejari Teluk Kuantan, Jaksa Agung beri perhatian khusus, mengawal langsung, ultimatum Kajari, ungkapnya.

Suparji juga tak menampik saat ini banyak peristiwa kekalahan praperadilan masih terjadi di lingkup kejaksaan daerah.

Namun menurutnya, selama kekalahan itu tidak berulang serta bukan karena pelanggaran prosedur atau kode etik profesi, masih dapat ditoleransi.

“Saya yakin dengan sistem yang dijalankan saat ini, kejaksaan daerah juga makin profesional, pungkasnya. (fir/pojoksatu)


https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/07/07/menang-praperadilan-berkali-kali-kepemimpinan-jaksa-agung-dipuji/

Sumber: https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/07/07/menang-praperadilan-berkali-kali-kepemimpinan-jaksa-agung-dipuji/
Tokoh





Graph

Extracted

persons ST Burhanuddin, Suparji Ahmad,
companies Dana, PT Asabri,
ministries Jaksa Agung, Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung, Kemendag,
bumns PT Taspen,
institutions Universitas Al Azhar Indonesia,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,