Menlu AS dan Rusia Akan Hadiri KTT G20 Bali, Jokowi Diminta Hindari ‘Pertemuan yang Bawa Bencana’

  • 07 Juli 2022 17:06:35
  • Views: 4

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menlu Rusia Sergey Lavrov dan menteri luar negeri China Wang Yi semuanya akan menghadiri pertemuan G20 di Bali.

Pertemuan itu terjadi di tengah perang dingin AS Rusia dan kekhawatiran di antara pemerintah barat mengenai dampak perang pada biaya makanan dan bahan bakar.

Sebelumnya PBB telah mendorong PBB untuk memperingatkan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya serta gelombang kelaparan dan kemiskinan.

Baca juga: Putin Sudah Terima Undangan Jokowi, Dengan Senang Hati Akan Hadiri KTT G20 Saat Situasi Seperti Ini

Pertemuan itu akan menandai pertama kalinya Lavrov bertemu dengan rekan-rekan dari negara-negara yang sangat kritis terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Analis mempertanyakan berapa banyak yang dapat dicapai oleh G20, yang penuh dengan perpecahan tentang bagaimana mengelola perang di Ukraina dan dampak globalnya.

Sementara anggota barat menuduh Moskow melakukan kejahatan perang dan menjatuhkan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang lain – seperti China, Indonesia, India, dan Afrika Selatan – belum mengambil sikap kritis yang sama.

Pada hari Rabu, Lavrov meminta semua pihak di dunia untuk melakukan upaya untuk melindungi hukum internasional, dengan mengatakan: Dunia berkembang dengan cara yang rumit.

Awal pekan ini, China menyerang AS dan NATO, menyatakan bahwa Washington “mengamati aturan internasional hanya jika dianggap cocok. J

uru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa apa yang disebut tatanan internasional berbasis aturan sebenarnya adalah aturan keluarga yang dibuat oleh segelintir negara untuk melayani kepentingan AS sendiri.

Menteri
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (The Moscow Times)

Berbicara menjelang pertemuan Kamis, juru bicara kementerian luar negeri Jerman Christian Wagner mengatakan itu tidak akan menjadi pertemuan puncak yang normal atau bisnis seperti biasa.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/07/menlu-as-dan-rusia-akan-hadiri-ktt-g20-bali-jokowi-diminta-hindari-pertemuan-yang-bawa-bencana

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/07/menlu-as-dan-rusia-akan-hadiri-ktt-g20-bali-jokowi-diminta-hindari-pertemuan-yang-bawa-bencana
Tokoh





Graph