Dewan Pakar BPIP: Pemikiran Bung Karno Soal Papua Teruji

  • 07 Juli 2022 16:02:36
  • Views: 7

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pakar Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ermaya Surada menyebut, perspektif pemikiran Bung Karno teruji dan terbukti dengan lahirnya 3 Provinsi baru di Papua. Pemekaran 3 provinsi di Papua itu menunjukkan Papua bagian tak terpisahkan dari Indonesia.

Ermaya menjelaskan konsep bangsa dari Sabang sampai Merauke yang disampaikan Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945.

Berita Terkait : PKB Ajak PKS Bikin Koalisi Semut Merah

Empat kata mutiara dalam perkataan ini bukanlah sekadar satu rangkaian  kata, bukan juga sekadar entitas geografis. Dari Sabang sampai Merauke adalah satu kesatuan kebangsaan, kata Ermaya, saat memberikan arahan kepada mahasiswa, ASN dan pejabat negara  program Doktor ilmu pemerintah IPDN Kemendagri yang akan  melakukan  penelitian di Provinsi Papua, Rabu (7/7).

Menurut dia, dari Sabang sampai  Merauke merupakan satu nasional entity, atau  kesatuan kenegaraan Satu state entity yang bulat kuat. Ia adalah satu kesatuan tekad, satu kesatuan idiologis, satu Ideological entity yang amat dinamis, ungkapnya.

Berita Terkait : Olahraga Di Kawasan CFD, Puan: Lumayan Berkeringat Dan Kena Sinar Matahari

Ia menjelaskan, Sabang sampai Merauke adalah satu kesatuan cita-cita sosial yang hidup laksana api unggun. Juga merupakan kebersamaan sosial. Menurutnya, perspektif tersebut menjadi kenyataan itulah bukti juga Pancasila yang digali dari bumi Indonesia oleh Bung Karno.

Karena itu, Pancasila memiliki nilai dasar masa depan dan harus dijadikan dasar sumber hukum bagi peraturan dan perundang-undangan di bumi Indonesia untuk selamanya bagi NKRI, ujarnya.

Berita Terkait : Rumah Pengasingan Bung Karno, Awal Lahirnya Pancasila

Sebelumnya, DPR mengesahkan tiga Provinsi baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB) di Indonesia yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan pada Kamis (30/6).


https://rm.id/baca-berita/nasional/131550/kuliah-umum-di-ipdn-dewan-pakar-bpip-pemikiran-bung-karno-soal-papua-teruji
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/131550/kuliah-umum-di-ipdn-dewan-pakar-bpip-pemikiran-bung-karno-soal-papua-teruji
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN, BPIP, DPR RI, Kemendagri,
organizations API,
institutions IPDN,
parties PKB, PKS,
topics NKRI,
events CFD,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places Aceh, PAPUA,