Disnakan Ciamis Siapkan 120 Juleha demi Bantu Penyembelihan Halal

  • 06 Juli 2022 22:34:38
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 120 Juru Sembelih Halal (Juleha) diperbantukan untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis hingga saat ini tidak ditemukan hewan kurban yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Sebanyak 120 Juleha ditambah sekitar 100 orang lainnya sudah siap membantu menyembelih hewan kurban. Mereka tersebar di 27 kecamatan, kata Kepala Disnakan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat pada Rabu, 6 Juli 2022.

Dia menambahkan, Juleha mendapat pelatihan menyangkut berbagai hal soal, seperti teknis menyembelih, memeriksa keadaan hewan sebelum dan sesudah disembelih. Termasuk bagaimana teknis memotong daging dan lainnya.

Baca Juga: Viral Ulah Warga Cileungsi Bogor Teriak Pribumi, Tak Terima Ditegur Main Gitar Tengah Malam

“Tidak hanya itu saja, Juleha juga mendapat bimbingan dari MUI soal ternak maupun hewan yang halal untuk kurban. Menyembelih hewan kurban harus pakai ilmu, sehingga tidak hanya aman, tetapi juga halal, tuturnya.

Didampingi Kabid Kesmavet, Asri Kurnia, lebih lanjut dia mengatakan kebutuhan hewan kurban di tatar galuh Ciamis sebanyak 4.266 ekor sapi dan 5.868 ekor domba dan kambing. Sedangkan, yang tersedia sekitar 3.300 ekor sapi dan 81.000 domba dan kambing.

Sementara Kabid Kesmavet Asri Kurnia mengatakan, keberadaan juru sembelih halal sangat membantu masyarakat. Terlebih pada saat menjelang Idul Adha 2022, bakal banyak hewan yang hendak disembelih untuk kurban.

“Sudah punya ilmu soal teknik menyembelih termasuk pengetahuan kesehatan hewan. Mereka mengikuti pembekalan, seperti penyembelihan secara Islami untuk menjamin kehalalan. Selain itu pengetahuan teknis penyembelihan sesuai peternakan, keamanan termasuk kesejahteraan hewan, katanya.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014937477/disnakan-ciamis-siapkan-120-juleha-demi-bantu-penyembelihan-halal

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014937477/disnakan-ciamis-siapkan-120-juleha-demi-bantu-penyembelihan-halal
Tokoh

Graph

Extracted

institutions MUI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,
animals Domba, Kambing, Sapi,