Kemenkop UKM Dukung Pelatihan Vokasi Bagi Usaha Mikro Sektor Perikanan

  • 06 Juli 2022 16:59:39
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) terus menggencarkan pengembangan kapasitas dan kemampuan pelaku usaha mikro melalui kegiatan pelatihan vocational salah satunya pada sektor perikanan.

Menurut Asisten Deputi Kapasitas Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Hariyanto, pengembangan sektor perikanan menjadi kebutuhan prioritas di Indonesia karena berkaitan langsung dengan kebutuhan manusia.

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki potensi pada sektor perikanan yang cukup kuat khususnya di Kabupaten Pamekasan  Jawa Timur, kata Hariyanto, saat membuka acara Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Sektor Perikanan/Peternakan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (05/07/2022).

Kabupaten Pamekasan memiliki supply ikan hasil tangkapan, budidaya, dan produk olahan perikanan yang cukup besar, ungkap Hariyanto, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/07/2022).

Berdasarkan potensi yang ada, pengolahan produk-produk makanan berbahan dasar ikan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Permintaan yang semakin tinggi di pasaran mendukung prospek tersebut, namun belum diimbangi dengan meningkatnya hasil produksi serta desain kemasan produk yang kurang menarik.

Hal inilah yang membuat peluang usaha di sektor perikanan semakin besar. Maka dari itu, pengembangan kapasitas pelaku usaha mikro perlu ditingkatkan.

Pelatihan diikuti oleh 30 pelaku usaha mikro di Kabupaten Pamekasan yang bergerak pada sektor perikanan.

Pelatihan vocational bagi usaha mikro sektor perikanan bertujuan untuk mendorong dan memotivasi pelaku usaha mikro khususnya sektor perikanan serta dapat memperluas pasar mereka melalui online, jelas Hariyanto.

Mereka diharapkan dapat tumbuh dan berkembang kembali dalam meningkatkan produktivitas usahanya di masa Pandemi Covid-19.

Selanjutnya KemenKopUKM terus berupaya melakukan transformasi dari informal ke formal salah satunya dari sisi perizinan melalui penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dengan memiliki NIB, pelaku usaha akan dipermudah untuk mengakses BPUM dan KUR, ucapnya.

Lebih lanjut, Hariyanto berharap ilmu yang didapat melalui pelatihan vocational yang diselenggarakan oleh KemenKopUKM dan berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM ini dapat diterapkan pelaku usaha mikro yang berada di Kabupaten Pamekasan dalam mengembangkan usahanya.

Podcast Nusantara kali ini membahas soal Strategi Pengembangan UMKM di Masa Pandemi, bersama Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI. Selain itu, ada juga teman teman JRKI dari nusantara yang ikut berpartisipasi.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5006516/kemenkop-ukm-dukung-pelatihan-vokasi-bagi-usaha-mikro-sektor-perikanan

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5006516/kemenkop-ukm-dukung-pelatihan-vokasi-bagi-usaha-mikro-sektor-perikanan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hariyanto, Teten Masduki,
companies ADA,
topics e-commerce,
products UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Pamekasan,
cases covid-19,