Dua Menteri di Bawah PM Inggris Boris Johnson Mengundurkan Diri

  • 06 Juli 2022 15:15:11
  • Views: 3

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua menteri di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri. Menteri Kesehatan Sajid Javid dan Menteri Keuangan Rishi Sunak menyatakan pengunduran diri pada Selasa (5/7/2022). 

Melansir Reuters, Javid mengaku dirinya telah hilang kepercayaan terhadap kemampuan PM Boris Johnson dalam menjalankan roda pemerintahan bagi kepentingan nasional setelah muncul berbagai skandal.

Javid mengklaim ada banyak anggota parlemen dan masyarakat yang telah kehilangan kepercayaan pada PM Johnson. Dia menyebut keadaan tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Boris Johnson. 

Dengan perasaan menyesal saya mengatakan, bagaimanapun jelas bagi saya bahwa keadaan ini tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Anda --dan karena itu kepercayaan saya pada Anda juga hilang, tulis Javid dalam surat kepada PM Inggris Boris Johnson.

Pernyataan mundur juga dilakukan Menteri Keuangan Rishi Sunak. Ia telah mengajukan surat pengunduran diri kepada perdana menteri. 

Dalam suratnya, Sunak merujuk pada tantangan-tantangan berat yang tengah dihadapi Inggris. Ia merasa tidak bisa terus seperti ini. 

Dalam cuitannya di Twitter, Sunak menuliskan, Masyarakat punya hak untuk mengharapkan pemerintahan dijalankan dengan benar, kompeten, dan serius. Saya menyadari bahwa ini mungkin posisi terakhir saya sebagai menteri.

Tapi saya yakin standar ini layak diperjuangkan, oleh karena itu saya mengundurkan diri, demikian Sunak menuliskannya.

Nadhim Zahawi Gantikan Sunak
PM Inggris Boris Johnson menunjuk Nadhim Zahawi sebagai Menteri Keuangan yang baru menggantikan Rishi Sunak yang mengundurkan diri, Selasa (5/7/2022). 

Masih bersumber dari Reuters yang dikutip Antara, Nadhim Zahawi mewarisi ekonomi Inggris yang kemungkinan akan melambat secara tajam atau bahkan terjerumus ke dalam resesi.

Zahawi juga akan menghadapi tekanan agar berbuat lebih banyak untuk membantu masyarakat yang tengah kesulitan. Termasuk menurunkan pajak yang mengarah ke posisi tertinggi. 

Sebelum menjabat Menteri Keuangan Inggris, Nadhim Zahawi menjabat sebagai Menteri Pendidikan. Sebagai penggantinya, ditunjuk Michelle Donelan yang sebelumnya menjabat Menteri Muda Pendidikan. (*) 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417409/dua-menteri-di-bawah-pm-inggris-boris-johnson-mengundurkan-diri

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417409/dua-menteri-di-bawah-pm-inggris-boris-johnson-mengundurkan-diri
Tokoh





Graph

Extracted

persons Boris Johnson, Johnson,
companies ADA, Google, Reuters, Telegram, Twitter,
ministries Kemdikbud,
nations Indonesia, Inggris,
places DKI Jakarta,