Menengok Keindahan Belitung dan Keunikan Pulau-Pulau Kecilnya

  • 06 Juli 2022 14:49:35
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, belum terlalu ramai, Rabu (6/7/2022) siang ini. Hanya ada beberapa wisatawan, dan belasan kapal tradisional milik nelayan yang bersandar di bibir pantai.

Lokasi tersebut merupakan satu dari banyak objek wisata yang diburu para pelancong di Belitung. 

Airnya yang masih bening dan biru menjadi daya pikat tak terelakkan Pantai Tanjung Kelayang. Bebatuan yang memesona dan tersebar di sejumlah titik di sana, memberi nilai plus bagi Pantai Tanjung Kelayang.

Pasir di Pantai Tanjung Kelayang yang putih bersih membuat wisatawan sayang untuk tidak berfoto.

Meski tak banyak yang bisa dieksplorasi di pantai tersebut, tapi lokasi ini menjadi salah satu pintu gerbang petualangan melihat pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama Belitung. 

Caranya mudah. Anda bisa menyewa kapal nelayan yang bersandar di bibir pantai. 

 

Kapal nelayan ini tak hanya berfungsi untuk mencari ikan lho. Semenjak Kepulauan Bangka Belitung dibanjiri wisatawan, nelayan mendapat mata pencarian tambahan dengan menggunakan kapal itu. Mereka menyewakannya untuk mengantarkan wisatawan dari satu pulau ke pulau lain.

Biaya sewa kapal relatif murah, tergantung luas kapal. Untuk kapal berukuran kecil disewakan dengan harga Rp 500 ribu, sedangkan perahu ukuran besar ditarik biaya Rp 800 ribu.

Jadi wisatawan tinggal memilih mau pakai kapal yang ukuran kecil kapasitas 5 sampai 10 orang atau ukuran besar kapasitas 10-20 orang, begitulah kata, Jaenudin (31), warga Tanjung Pandang yang kebetulan menjadi pemandu selama Liputan6.com berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang bersama Tiket.com.

Selain itu, nelayan biasanya menyewakan peralatan snorkeling dengan harga murah. Dengan membayar Rp 50 ribu, wisatawan sudah mendapat peralatan snorkeling.

Liputan6.com pun berkesempatan berkeliling ke sejumlah pulau di Belitung. Momon, panggilan akrab Jaenudin, paham betul keunggulan masing-masing pulau yang disambangi.

Pulau yang ikonik adalah Pulau Batu Garuda. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari Bibir Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini disebut Pulau Batu Garuda karena terdapat batu granit yang berbentuk mirip paruh burung.

Kapal yang kami tumpangi pun berhenti sejenak di sana. Begitu pula dengan sejumlah kapal lainnya. Nahkoda kapal mencari posisi paling ideal untuk wisatawan mengambil gambar batu itu.

Ini sudah jadi ikon wisata Kepulauan Bangka Belitung, ujar dia.

 

Menikmati buah durian dari atas perbukitan dengan pemandangan alam, memberikan pengalaman berbeda. Sensasi tersebut dapat anda rasakan di Kawasan Bukit Pao, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


https://www.liputan6.com/news/read/5006789/menengok-keindahan-belitung-dan-keunikan-pulau-pulau-kecilnya

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5006789/menengok-keindahan-belitung-dan-keunikan-pulau-pulau-kecilnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
bumns Garuda Indonesia,
topics snorkeling,
places DKI Jakarta, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,
musicclubs iKON,