Mangkir Sidang Etik KPK, ICW: Lili Pintauli Tak Punya Itikad Baik

  • 06 Juli 2022 13:52:20
  • Views: 8

Rabu, 6 Juli 2022 - 12:23 WIB

VIVA Nasional Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar tidak mempunyai itikad baik karena mangkir dari sidang kode etik yang digelar Dewan Pengawas KPK (Dewas KPK). Mantan Ketua LPSK itu sedianya akan disidang terkait kasus dugaan pelanggaran kode etik karena menerima fasilitas menonton balapan MotoGP di Mandalika beberapa waktu lalu. 

ICW menilai absennya Saudari Lili Pintauli dari persidangan perdana dugaan pelanggaran kode etik di Dewan Pengawas menunjukkan itikad buruk dari yang bersangkutan dan sikap tidak menghargai kelembagaan Dewan Pengawas, kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana di Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022. 

Seharusnya, kata dia, Lili hadir di persidangan dan agenda di Bali dapat diwakilkan oleh pejabat lembaga antirasuah lainnya. 

Bagaimana tidak, agenda di Bali tersebut sudah barang tentu dapat diwakilkan oleh pimpinan KPK lainnya, apalagi mengingat jadwal sidang perdana telah diinformasikan Dewan Pengawas beberapa hari sebelumnya, katanya. 

Dia menuturkan, ketidakhadiran Lili ini juga mestinya dapat dipertanggungjawabkan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Sebab, Firli menduduki jabatan tertinggi di lembaga antirasuah itu, dan besar kemungkinan menjadi pihak yang menyetujui Lili hadir dalam forum di Bali tersebut. 

Ini menandakan bahwa dirinya juga tidak menganggap kelembagaan Dewan Pengawas sebagai entitas penting di KPK, katanya. 

Untuk itu, ICW merekomendasikan agar Dewan Pengawas menegur keras jajaran Pimpinan KPK agar dapat kooperatif dan tidak berupaya menghambat proses sidang kode etik.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1494003-mangkir-sidang-etik-kpk-icw-lili-pintauli-tak-punya-itikad-baik

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1494003-mangkir-sidang-etik-kpk-icw-lili-pintauli-tak-punya-itikad-baik
Tokoh





Graph

Extracted

persons Firli Bahuri, Kurnia Ramadhana,
ministries Dewas KPK, KPK, LPSK,
ngos ICW,
events MotoGP,
places DKI Jakarta,