Lili Pintauli Absen di Sidang Etik, ICW Nilai Tak Menghargai Dewas KPK

  • 06 Juli 2022 11:27:34
  • Views: 8

Merdeka.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik keras soal ketidakhadiran Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dalam persidangan perdana kode etik yang dijadwalkan Dewan Pengawas (Dewas). Absennya Lili menunjukkan itikad buruk dan tak menghargai Dewas.

ICW menilai absennya saudari Lili Pintauli dari persidangan perdana dugaan pelanggaran kode etik di Dewan Pengawas menunjukkan iktikad buruk dari yang bersangkutan dan sikap tidak menghargai kelembagaan Dewan Pengawas, kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7).

taboola

Kurnia menilai, kehadiran Lili dalam acara anti-corruption working group (ACWG) G20 di Bali seharusnya bisa diwakili oleh Pimpinan KPK lainnya. Sebab, kegiatan tersebut berbarengan dengan jadwal persidangan etik.

Ketidakhadiran Lili ini juga mestinya dapat dipertanggungjawabkan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Sebab, Firli menduduki jabatan tertinggi di lembaga antirasuah itu dan besar kemungkinan menjadi pihak yang menyetujui Lili hadir dalam forum di Bali tersebut, ucapnya.

Dia pun mendesak agar Dewas menegur keras jajaran Pimpinan KPK untuk tidak menghambat proses sidang etik Lili.

ICW merekomendasikan agar Dewan Pengawas menegur keras jajaran Pimpinan KPK agar dapat kooperatif dan tidak berupaya menghambat proses sidang kode etik, tegas Kurnia.

Dewas KPK menunda sidang etik terhadap Lili Pintauli Siregar. Sidang ditunda karena Lili menghadiri acara ACWG G20 di Bali. Sidang etik Lili diundur menjadi 11 Juli 2022.

[rnd]

https://www.merdeka.com/peristiwa/lili-pintauli-absen-di-sidang-etik-icw-nilai-tak-menghargai-dewas-kpk.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/lili-pintauli-absen-di-sidang-etik-icw-nilai-tak-menghargai-dewas-kpk.html
Tokoh







Graph

Extracted

persons Firli Bahuri, Kurnia Ramadhana, Lili Pintauli Siregar,
ministries Dewas KPK, KPK,
ngos ICW,
nations Indonesia,
cases korupsi,