BNPT: Belajar dari Kasus ACT, Pilih-pilih Lembaga untuk Donasi

  • 06 Juli 2022 01:52:26
  • Views: 4

Rabu, 6 Juli 2022 - 00:40 WIB

VIVA Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengimbau masyarakat untuk memilih lembaga yang kredibel sesuai rekomendasi pemerintah dalam menyalurkan donasi. Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid mengatakan, kasus Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sedang ramai harus dijadikan pelajaran.

“Belajar dari kasus ACT ini, BNPT mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyalurkan donasi, infak dan sedekah kepada lembaga yang resmi dan kredibel yang telah direkomendiasikan oleh pemerintah, kata Nurwakhid dalam keterangannya pada Selasa, 5 Juli 2022.

ACT

Termasuk, lanjut dia, dalam penggalangan dana kemanusiaan untuk luar negeri, masyarakat mesti hati-hati dengan menyalurkan pada lembaga resmi atau melalui Kementerian Luar Negeri.

“Supaya tidak disalahgunakan untuk kepentingan pendanaan terorisme, jelas dia.

Menurut dia, masyarakat perlu ingat bahwa dalam konstruksi hukum untuk menentukan individu dan lembaga bisa dikenakan pasal tindak pidana jika memenuhi salah satu dari lima indikator, yaitu pelaku langsung, yang menyuruh melakukan, ikut serta melakukan, membantu untuk melakukan dan mendanai.

Diharapkan Koordinasi dan Konsultasi dengan BNPT


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493806-bnpt-belajar-dari-kasus-act-pilih-pilih-lembaga-untuk-donasi

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493806-bnpt-belajar-dari-kasus-act-pilih-pilih-lembaga-untuk-donasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana,
ministries BNPT, Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
ngos ACT,